Senin, 29 April 2024

Piala Budhe Karwo Targetkan Naik Level Nasional pada 2018

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Nina Soekarwo, istri Soekarwo Gubernur Jawa Timur. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Turnamen sepak bola wanita Piala Budhe Karwo 2016 resmi dibuka Nina Soekarwo, istri Soekarwo Gubernur Jawa Timur di Stadion Brawijaya, Surabaya, Kamis (15/12/2016). Turnamen ini berlangsung sampai 19 Desember 2016.

Turnamen ini menjadi wadah pegiat sepak bola wanita di Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya, di tengah minimnya kompetisi.

Nina Soekarwo yang akrab dipanggil Budhe Karwo ini menargetkan pada tahun 2018 tim sepak bola putri Jawa Timur dapat bertanding di tingkat nasional. Saat ini sudah ada 16 tim yang akan diseleksi menjadi tim sepak bola putri Jawa Timur untuk mengikuti kompetisi level nasional.

Budhe Karwo mengaku sudah dan terus berusaha melalui KONI agar sepak bola putri dimasukkan ke PON. Hanya saja usulan dan usaha tersebut belum dikabulkan. “Eksistensi sepak bola putri belum diakui,” katanya kepada Fitriana Ayu Suara Surabaya, Jumat (16/12/2016).

Budhe Karwo mengakui, untuk bisa mengangkat eksistensi sepak bola wanita, selain prestasi, turnamen semacam ini terkendala beberapa kultur.

Piala Budhe Karwo musim ini diikuti delapan tim yang terbagi dua grup, masing-masing empat peserta.

Tim tersebut adalah Putri Sidoarjo, Putri Gayatri Tulungangung, IKIP Budi Utomo Malang, Unmuh Jember, Matador FC Putri Jakarta, Putri Kirana Kabupaten Kediri, Putri Kediri dan Putri Surabaya. Mereka memperebutkan hadiah total Rp40 juta.(ayu/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs