Rabu, 15 Mei 2024

Schweinsteiger Sempurnakan Kemenangan Jerman atas Ukraina

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Bastian Schweinsteiger memeluk Mesut Ozil usai mencetak gol ke gawang Ukraina. Foto: Antara

Jerman berhasil mengukir kemenangan manis di laga perdananya dalam helatan Piala Eropa 2016. Menjamu Ukraina dalam penyisihan Grup C, “Der Panzer” menang 2-0, Senin (13/6/2016) dini hari tadi.

Bermain di Stade Pierre-Mauroy, Prancis, gawang yang dijaga Neuer sempat diberi shock terapy saat laga baru berjalan lima menit. Yevhen Konoplyanka pemain Ukraina melepaskan tendangan keras yang mengarah ke gawang Jerman. Dengan sigap, tangan Neuer berhasil memblok bola.

Kemudian Jerman sukses mencetak angka 15 menit berselang. Crossing manis Toni Kroos diselesaikan sempurna oleh sundulan Shkodran Mustafi. Bola meluncur deras ke gawang Ukraina yang dijaga Andriy Pyatov.

Setelah menang 1-0, Der Panzer terus mencoba menggandakan angka. Tapi, sepakan Sami Khedira berhasil diblok Pyatov.

Timnas Ukraina sebenarnya berhasil mencetak gol di menit ke-39. Tapi, gol ini harus dianulir wasit Martin Atkinson karena Konoplyanka sudah terjebak offside. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, penguasaan bola tim Jerman semakin mendominasi. Tapi, di menit 57 Ukraina sempat mendapatkan peluang emas. Tendangan bebas Yaroslav Rakitskiy berhasil mengarah ke gawang Jerman, tapi sayang masih bisa ditepis Neuer.

Seolah sama-sama punya benteng terakhir yang kokoh, di menit 75, sepakan Thomas Mueller gelandang Jerman juga berhasil ditepis Pyatov. Ketangguhan kiper Ukraina ini juga berhasil menyelamatkan gawang dari tendangan Mesut Ozil di menit 86.

Setelah peluang Ozil, Jerman sedikit menurunkan tempo permainan meski terus mendominasi. Masuknya Bastian Schweinsteiger di menit 90 ternyata memompa semangat skuad asuhan Joachim Low ini.

Gelandang Bayern Munchen ini berhasil membobol gawang Ukraina usai memanfaatkan umpan matang Ozil dari sayap kiri. Tak lama berselang, peluit akhir menghentikan pertandingan dengan Skor 2-0 untuk keunggulan Jerman.(bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
29o
Kurs