Jumat, 26 April 2024

Tim Dayung Indonesia Rebut Dua Emas di Kejuaraan Asia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Tim Rowing Indonesia yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 merebut dua medali emas, satu perak dan satu perunggu, pada Kejuaraan Rowing Asian di Azadi Lake Teheran, Iran dan menempati posisi tiga besar.

Edy Suyono Manajer Tim Rowing Indonesia dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Senin (6/6/2016), mengatakan pencapaian Kakan Kusmana dan kawan-kawan pada kejuaraan Asia dinilai sebuah perkembangan yang pantas dibanggakan.

“Ini adalah langkah positif bagi tim dayung Indonesia. Apalagi Indonesia pada Asian Games 2018 akan menjadi tuan rumah. Harus terus ditingkatkan,” katanya.

Menurut dia, medali emas untuk kontingen Indonesia dipersembahkan oleh Kakan Kusmana yang turun dinomor LM1X jarak 1.000 meter dengan catatan waktu tiga menit 28,599 detik. Posisi dua direbut Ch Pak atlet dari Korea Utara dan posisi tiga direbut H. Khedri atlet tuan rumah.

Satu keping medali emas bagi Indonesia lainnya dipersembahkan oleh pasangan Arief dan M. Yakin yang turun dinomor LM2X jarak 1.000 meter dengan catatan waktu tiga menit 13,097 detik. Untuk posisi dua direbut pasangan Iran 1 dan posisi tiga Iran 2.

Untuk medali perak kontingen Indonesia dipersembahkan oleh Corputty pedayung putri yang turun dinomor LW1X jarak 1.000 meter. Andalan Indonesia ini hanya mampu membukukan catatan waktu tiga menit 57,371 detik. Posisi pertama direbut N. Malaei atlet Iran dengan waktu tiga menit 47,371 detik.

Sedangkan medali perunggu bagi Indonesia dipersembahkan pasangan Wahyuni dan Yuniarti yang turun dinomor LW2X. Pada nomor ini, medali emas direbut oleh tim Kazakhstan dan perak direbut oleh tim asal tuan rumah Iran.

Pada Kejuaraan Rowing Asia di Teheran, Iran, yang berakhir Minggu (5/6/2016), Kazakhstan dinobatkan sebagai juara umum dengan lima emas, empat perak dan dua perunggu. Diposisi dua Iran dengan empat emas, empat perak dan dua perunggu. Disusul Indonesia dengan dua emas, satu perak dan satu perunggu.

Pada kejuaraan yang cukup bergengsi di Asia ini, kontingen Indonesia beranggotakan enam atlet putra dan enam atlet putri. Cabang olahraga ini merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih medali. Bahkan dua atlet terbaik Indonesia juga lolos ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs