Minggu, 5 Mei 2024

Indonesia Targetkan 55 Medali Emas di SEA Games ke-29 Malaysia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI dan Joko Widodo Presiden RI saat melihat atlet SEA Games di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/8/2017). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Puan Maharani Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI mengucapkan selamat kepada kontingen Indonesia yang akan berangkat ke Malaysia untuk mengikuti SEA Games ke-29, tanggal 19-30 Agustus 2017.

“Kesempatan ini, saya ingin sampaikan selamat kepada kontingen Indonesia , para atlit, para pelatih, dan seluruh official atas dipilihnya saudara sekalian untuk mewakili bangsa dan negara pada pegelaran SEA Games XXIX 2017 di Kuala Lumpur (KL) Malaysia,” ujar Puan dalam pidato pelepasan atlet SEA Games di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Menurut Puan, ini semua adalah tanggung jawab besar, namun para atlit berhak bangga karena telah menunjukkan dedikasi dan prestasi sehingga memang pantas mewakili Indonesia.

Kata dia, SEA Games XXIX tahun 2017 di KL akan dibuka resmi 19 Agustus dan ditutup 30 Agustus 2017. Meskipun begitu, terdapat beberapa pertandingan yang akan dilakukan sebelum 19 Agustus.

Puan menjelaskan, Indonesia sendiri akan mengirimkan 533 atlet dalam SEA Games Malaysia ini.

“Indonesia akan mengirimkan kontingen sebanyak 870 orang, terdiri 533 atlet, 170 pelatih dan manajer, 55 headquarter, dan 122 orang peserta mandiri yang ikut biaya sendiri dan di luar beban kontingen,” ujar dia.

Kata Puan, keberangkatan akan dibagi dalam 15 kloter yang telah dimulai sejak awal Agustus ini.‎

Sea Games XXIX di KL, kata Puan akan mempertandingkan 38 cabor dan memperebutkan 405 medali emas, 405 medali perak, dan 529 medali perunggu. Indonesia akan ikut dalam 37 cabang olah raga (cabor).

“Kontingen Indonesia diharapkan memperoleh 55 medali emas, 95 perak, yang diperoleh dari 30 cabor. Sebagai perbandingan, SEA Games Singapura 2015, Indonesia memperoleh 47 medali emas dan berada di peringkat kelima,” ujar Puan.

Puan juga melaporkan kepada Presiden bahwa kontingen saat ini merupakan hasil pelaksanaan program Indonesia Emas atau Prima yang merupakan program pembinaan atlit elit Indonesia yang diproyeksikan untuk mengikuti berbagai multievent olahraga internasional.

Prestasi SEA Games, kata Puan, merupakan tahapan dalam mempersiapkan sukses prestasi Indonesia dalam menyongsong Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Keberangkatan kontingen Indonesia ke SEA Games 2017 akan dipimpin Azis Syamsudin Chief de mission.

“Pak Presiden yang dihormati, seluruh kontingen Indonesia SEA Games 2017 merupakan duta bangsa dan negara yang akan membawa dan mewakili bangsa dan negara Indonesia untuk mencapai prestasi dengan baik sekaligus membawa pesan dan kesan Indonesia sebagai bangsa besar berkepribadian, berkebudayaan dan tentu saja memegang nilai-nilai sportivitas,” ujarnya.

Oleh karena itu, Puan menegaskan kepada seluruh kontingen, untuk menjadi duta bangsa dan negara yang baik serta mengharumkan nama Indonesia.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs