Jumat, 29 Maret 2024

PSSI Permudah Izin Pemain Asing Berkualitas

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menegaskan akan mempermudah proses izin para pemain asing yang punya kualitas teruji sehingga bisa bermain dan memperkuat timnya di kompetisi Liga 1 musim 2017.

Edy Rahmayadi Ketua Umum PSSI di Makassar mengatakan hal itu menanggapi kedatangan sejumlah pemain asing ke Indonesia jelang bergulirkan kompetisi meski masih terkendala administrasi seperti Internastional Transfer Certificate (ITC).

“Soal pemain asing tentu harus mengikuti aturan yang berlaku. Namun kami tidak akan mempersulit bahkan siap memberikan kemudahan dalam urusan administrasi (untuk legalitas pemain),” katanya seperti dilansir Antara.

Beberapa pemain asing yang berada di sejumlah klub peserta Liga 1 memang terancam tidak bisa tampil memperkuat tim yang dibelanya pada laga awal dikarenakan administrasi yang belum lengkap.

Termasuk pemain andalan PSM Wiljan Pluim yang terancam gagal tampil di laga perdana karena ITC yang masih bermasalah atau belum keluar.

Ia menjelaskan, masalah administrasi pemain akan dipermudah. Namun apakah salah satunya bisa dengan mengeluarkan izin sementara agar bisa bermain, dirinya hanya menegaskna aka membantu dan mempermudah pemain untuk bisa tampil.

“Intinya pemain itu punya kualitas dan patut menjadi contoh, maka kita akan permudah. Kami tidak akan mempersulit pemain yang memang ingin membela timnya di kompetisi nanti,”ujarnya.

Sementara Wina Syadwina Media Officer PSM berharap PT Liga Indonesia Baru ataupun PSSI bisa memberikan kemudahan bagi pemainnya agar bisa tampil pada laga perdana tim “Juku Eja” menghadapi Persela Lamongan di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulsel, 16 April 2017.

Menurut dia, pemain asal Belanda itu pada dasarnya sudah memiliki ITC dari klub terakhiryang dibelanya. Manajemen juga terus berupaya untuk mempercepat penguruan ITC dari dua klub Eredivise yang sempat di bela pemain tersebut.

Selain Wiljan Pluim, PSM juga fokus merampungkan izin dari pemain muda Belanda yang baru saja tiba di Makassar hari ini yakni Mark Anthony Klok.

“Persoalan yang kita hadapi juga dirasakan tim lain. Jadi intinya kami akan berusaha secepat mungkin dalam pengurusan dan berharap ada kemudahan dari operator kompetisi,” sebutnya. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs