Jumat, 26 April 2024
Piala Dunia 2018

5 Fakta Utama Piala Dunia yang Perlu Anda Ketahui

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Saat Legenda AC Milan dan Juventus Jajal Bola Resmi Piala Dunia 2018 Detail Telstar 18, bola resmi Piala Dunia 2018 Rusia, yang diluncurkan di Moskow, Kamis (9/11). Telstar 18 adalah bola terbaru dari edisi Adidas Telstar, bola yang pertama kali dipasok Adidas untuk Piala Dunia pada 1970. (AFP Photo/Mladen Antonov)

Kompetisi sepak bola terbesar akan dibuka pada 14 Juni hingga 15 Juni 2018 mendatang. Ajang Piala Dunia kali ini bertempat di Moskow, Rusia, diikuti tidak kurang dari 32 negara dari seantero jagat.

Piala Dunia 2018 adalah edisi ke-21, yang mana dalam keseluruhan gelaran sebelumnya tercatat, Tim Sepak Bola Brasil mendominasi raihan juara sebanyak lima kali. Demikian Liputan6.com mengutip BBC, Minggu (10/6/2018).

Semakin dekat pada pembukaan Piala Dunia 2018, para penggemar bola di seluruh dunia pasti bertanya-tanya, tim negara manakah yang akan tampil memukau dalam helatan kali ini.

Sebagian lainnya juga bertanya-tanya, adakah sosok yang akan menyaingi bersinarnya nama Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Mohammad Salah? Jawabannya tentu masih menjadi misteri, dan akan menghadirkan beragam kejutan.

Berikut ini adalah lima fakta utama yang perlu Anda ketahui tentang Piala Dunia 2018.

1. Siapa Penguasa Utama Piala Dunia dalam Sejarah?

Brasil berada di puncak klasemen, dengan lima raihan gelar juara, di mana yang terakhir adalah pada tahun 2002.

Mereka menjadi tuan rumah pada tahun 2014, tetapi gagal mempertahankan kedigdayaannya karena dikalahkan 7-1 oleh Jerman di babak semifinal.

Sejauh ini, tidak ada negara di luar Eropa atau Amerika Selatan yang berhasil meraih gelar juara Piala Dunia.

Adapun empat negara di bawah Brasil yang turut masuk ke dalam lima besar peraih gelar juara Piala Dunia adalah Jerman (4), Italia (4), Argentina (2), dan Uruguay (2).

2. Siapa yang Paling Banyak Menciptakan Gol?

Miroslav Klose “Mesin gol” Jerman menempati posisi teratas dengan total 16 gol dalam empat kali gelaran Piala Dunia. Dia pensiun pada tahun 2016, tetapi akan pergi ke Rusia sebagai anggota pembina timnas negaranya.

Ronaldo asal Brasil berada di urutan kedua dengan 15 gol, di mana delapan di antaranya membuat Negeri Samba berhasil memenangi Piala Dunia 2002.

Adapun pemegang rekor untuk gol terbanyak dalam satu turnamen, dipegang oleh Just Fontaine penyerang asal Perancis, sebanyak 13 gol dalam enam pertandingan pada Piala Dunia 1958.

3. Siapa Pencetak Gol Terbanyak yang Akan Tampil di Moskow?

Dari para pemain yang telah mencetak 10 atau lebih gol di Piala Dunia sebelumnya, hanya Thomas Muller dari Jerman yang akan berlaga di Moskow.

Untuk menyamai raihan prestasi rekan seniornya Klose di daftar pencetak gol terbanyak, Muller setidaknya harus enam kali menjebol gawang lawan.

Selain itu, James Rodriguez Pemain depan timnas Kolombia, yang mana tahun lalu memenangkan Sepatu Emas, juga diprediksi menjadi salah satu sosok yang paling bersinar di Piala Dunia 2018.

4. Tidak Akan Banyak Tembakan Gol Seperti Dahulu Kala

Opta Pemerhati sepak bola dunia mengatakan, Piala Dunia sebelumnya yang digelar di Brasil menjadi rekor terendah dalam hal tembakan gol, setidaknya sejak 1966.

Meskipun demikian, rata-rata 2,7 gol di setiap pertandingan di Piala Dunia 2014 adalah yang tertinggi sejak ajang serupa digelar di Spanyol pada 1982 silam.

Disebutkan bahwa ada penurunan dalam jumlah tembakan dari jarak jauh.

Di final Piala Dunia 1966, ada dua kali lebih banyak tembakan dari luar kotak penalti. Tetapi dari 20 tembakan di final 2014, justru lebih banyak diambil dari dalam area penalti.

5. Prediksi Adu Penalti

Keseruan Piala Dunia tidak akan lengkap tanpa adanya adu penalti di pertandingan final.

Hanya Jerman yang pernah melewatkan satu kemungkinan penalti dari empat gelar juara Piala Dunia yang pernah diraihnya.

Secara total, Jerman telah terlibat dalam adu penalti sebanyak 15 kali berturut-turut dalam penampilanya di babak final sejak Piala Dunia 1982.

Sementara itu, tim yang dinilai “payah” dalam adu penalti adalah Inggris. Negeri Ratu Elizabeth itu juga tercatat tiga kali mengalami kekalahan dalam final Piala Dunia.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs