Senin, 6 Mei 2024

DPR Sayangkan Teguran dari OCA kepada Inasgoc soal Tiket Asian Games

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi

Taufik Kurniawan Wakil Ketua DPR RI menyayangkan surat teguran dari Komite Olimpik Asia atau Olympic Council of Asia (OCA) kepada Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc) terkait banyaknya bangku kosong pada beberapa pertandingan Asian Games 2018, padahal saat bersamaan banyak penonton yang kesulitan mendapatkan tiket.

“Ya adanya surat teguran itu sangat kita sayangkan ya, hal yang sebenarnya tidak perlu terjadi jika manajemen pertiketan itu dapat diatur dengan baik. Termasuk jatah untuk rekanan Inasgoc yang katanya sampai 40 persen, itu sepertinya terlalu banyak. Padahal antusiasme penonton juga sangat tinggi,” kritik Taufik, saat dihubungi wartawan, Senin (27/8/2018).

Taufik menjelaskan, antusiasme masyarakat untuk menonton harus kecewa karena kehabisan tiket. Menurutnya, manajemen tiket harus dibenahi, agar masyarakat tidak kehabisan tiket, ataupun tidak perlu menunggu lama untuk menukarkan tiket, jika sebelumnya membeli tiket via online. Imbasnya, calo tiket pun kabarnya berseliweran.

“Kita mendorong agar permasalahan ini ditindaklanjuti serius oleh Inasgoc. Kasihan masyarakat tidak bisa menonton langsung di venue, karena katanya tiketnya habis. Selain itu, juga harus ada sistem agar tidak ada calo tiket. Dengan sistem sekarang, berarti kan masih ada peluang calo,” kata Waketum PAN itu.

Sekadar diketahui, Komite Olimpik Asia atau Olympic Council of Asia (OCA) mengirimkan surat teguran kepada Panitia Penyelenggara Asian Games Indonesia (Inasgoc). Surat resmi ini ditandatangani Husain Al Musallam Direktur Umum OCA dan ditujukan kepada Erick Thohir Presiden Inasgoc .

OCA menegur keras kebijakan Inasgoc yang terlalu banyak memberikan jatah tiket penonton kepada rekanan. Soal jatah ini, alokasi tiket untuk rekanan Inasgoc, seperti media, broadcaster, atlit, federasi olahraga, partner sponsor, dan tamu VVIP berkisar 30-40 persen per pertandingan. Teguran OCA ini memaksa Inasgoc memangkas jatah tiket reserve itu menjadi 10 persen.(faz/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs