Kamis, 16 Mei 2024

Drum Band, Olahraga untuk Membangun Karakter Bangsa

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi Drum Band. Foto: sekarangpunya.blogspot.co.id

Di Indonesia drum band memang belum populer seperti olahraga badminton atau sepak bola. Bahkan, tidak sedikit masyarakat menganggap drum band cuma sekadar kegiatan kesenian.

Padahal, drum band adalah salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kecerdasan, stamina, serta konsentrasi tinggi para pemainnya. Karena mereka harus bergerak sesuai koreografi yang sudah diatur sambil memainkan instrumen musik.

Untuk mempopulerkan drum band di Indonesia, Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) gencar melakukan sosialisasi dan menggelar sejumlah kejuaraan.

Drum band pun sudah dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Tahun 2016 yang berlangsung di Provinsi Jawa Barat, dan akan kembali dipertandingkan pada PON XX Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Budi Santoso Sekretaris Jenderal PDBI periode 2017-2022 menegaskan, pihaknya bertekad untuk memajukan olahraga drum band yang sejatinya mengandung nilai-nilai positif.

“Kami selaku pengurus besar bertekad untuk memajukan olahraga ini, agar ke depan olahraga ini selain bisa mengukir prestasi, juga membangun karakter anak-anak bangsa lebih baik dalam memimpin, dalam bertindak dan bertingkah laku, sesuai budaya Indonesia,” ujarnya ketika berbincang dengan suarasurabaya.net di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Pembangunan karakter itu, lanjut Budi, sangat dibutuhkan. Lebih penting lagi, dengan mengikuti kegiatan olahraga marching band, generasi muda Indonesia bisa terbebas dari berbagai pengaruh negatif seperti penyalahgunaan narkoba.

“Maka dari itu, saya mohon Pemerintah untuk mendukung dan menggandeng olahraga drum band. Karena, hanya dengan olahraga ini, Bangsa Indonesia bisa sehat, bisa berprestasi dan berbudi luhur, serta mencetak pemimpin-pemimpin yang disiplin, jujur dan bisa diandalkan,” tegasnya.

Budi menambahkan, kalau memang serius, maka pemerintah tidak perlu ragu mengucurkan dananya kepada PB PDBI demi prestasi dan membangun karakter generasi penerus bangsa.

“Daripada dananya dihabiskan tapi tidak ada wujudnya, lewat marching band inilah kita bisa mendidik generasi bangsa untuk lebih maju dan berprestasi,” kata Budi yang akan resmi dilantik sebagai Sekjen PDBI, Rabu 19 Februari 2018.

Rencananya, PB PDBI akan menggelar tiga event besar drum band berskala nasional, yaitu Kejuaraan Nasional Tingkat Remaja, Kejuaraan Nasional Terbuka dan Kejuaraan Nasional Tertutup.

“Tiga event itu akan kami laksanakan di dalam kalender tahunan. Jadi, dalam satu tahun ada tiga kali event nasional. Tempatnya pertama mungkin di Jakarta, lalu yang kedua akan kami tawarkan ke seluruh provinsi di Indonesia. Siapa yang sanggup dan siap, itulah yang akan kami akomodir,” pungkasnya. (rid/iss/den)

Teks Foto:
– Budi Santoso Sekjen PB PDBI memberikan keterangan soal olahraga drum band, di Jakarta, Senin (5/2/2018).
(Foto: Farid suarasurabaya.net)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs