Minggu, 29 Mei 2022

Juara Kejurda Finswimming Akan Wakili POSSI Jatim ke Kejurnas

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Ilustrasi, Finswimming. Foto: kominfo.jatimprov.go.id

Juara Kejuaraan Daerah (Kejurda) finswimming yang digelar di Surabaya 31 Maret sampai 1 April, akan mewakili Persatuan Olahraga Senam Seluruh Indonesia (POSSI) di Kejurnas Selam di Singaraja, Denpasar, Bali, (11-14/5/2018) mendatang. Kejurda Finswimming ini diadakan di Kolam Renang KONI Jatim.

“Kejurda selam tahun ini, kita gelar sebagai persiapan menghadapi kejurnas di Singaraja,” kata Andi Lukito Sekum Pengprov POSSI Jatim, ditemui di kolam renang KONI Jatim, Sabtu (31/3/2018).

Kejurda finswimming nomor kolam tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta. Jika tahun lalu sebanyak 520 atlet, kejurda tahun ini diikuti 555 atlet dari 21 Kabupaten/Kota.

Sebanyak 21 daerah mengirimkan atletnya, sedangkan daerah yang tidak mengikuti kejurda antara lain, kab Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep Bondowoso, Jember, Magetan, Pacitan dan Lamongan.

“Kabupaten/kota yang mengirimkan atletnya ada yang pernah menjadi juara nasional. Bahkan, ada peselam yang bermukim di DKI Jakarta ditarik daerahnya untuk terjun di kejurda,” jelasnya seperti dilansir laman resmi kominfo.jatimprov.go.id.

Selain persiapan kejurnas, menurut Andi, kejurda ini digelar sebagai ajang promosi degradasi atlet Puslatda Jatim. Prestasi atlet di kejurda, akan menjadi bahan masukan bagi badan pelaksana (bapel) untuk memasukan di puslatda.

“Tidak otomatis memang. Tapi, setidaknya mereka yang juara kejurda berpeluang masuk puslatda. Wewenang sepenuhnya ada di bapel Puslatda,” ujarnya. (ino)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
28o
Kurs