Minggu, 5 Mei 2024

Kejurnas OBA Karimunjawa Usai, POSSI Jatim Siapkan Kompetisi Selam Laut Open Water Situbondo

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Atlet Pengprov Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim di Kejuaraan Nasional (kejurnas) Orientasi Bawah Laut (OBA) yang dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2018 lalu di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Foto: http://kominfo.jatimprov.go.id

Setelah mengirimkan atlet terbaik di tingkat nasional pada kejuaraan nasional Orientasi Bawah Laut (OBA) di Karimunjawa, Jawa Tengah pada akhir Agustus lalu, selanjutnya Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim akan mempersiapkan atlet terbaiknya untuk kompetisi Selam Laut Open Water.

Mierza Mutaqien Ketua Umum POSSI Jatim mengatakan, kompetisi yang akan digelar di Pantai Pasir Putih Situbondo Jawa Timur pada 2 sampai 4 November 2018 mendatang ini memiliki kategori peserta yang berbeda.

“Kalau yang di Situbondo, ada yang untuk kelompok senior, ada juga yang untuk kelompok junior. Kompetisi kelompok umur ini sifatnya adalah untuk pembinaan,” terangnya.

Proses pendaftaran kompetisi selam laut telah dibuka. Mierza mengatakan, sudah ada atlet selam dari sejumlah kabupaten/kota yang mendaftar.

Selain itu, pihaknya mengaku juga telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

Untuk mengenalkan potensi wisata bawah laut, POSSI Jatim menggelar kontes foto bawah air untuk meramaikan kompetisi selam laut.

“Sehingga kegiatan olahraga ini disatukan dengan wisata. Bagaimana mengenal potensi wisata bawah laut di daerah pasir putih, sekaligus menanamkan kecintaan laut,” paparnya kepada Keumala Andini Radio Suara Surabaya.

Sementara persiapan atlet Jatim untuk kompetisi selam laut ini, Mierza berharap atlet semakin rutin dan intensif berlatih, terutama atlet yang sudah masuk pemusatan latihan daerah (puslatda) serta atlet yang tergabung dalam lapis dua.

“Dengan ikutnya teman-teman pada kompetisi, menjadi peluang untuk menguji hasil latihan. Ajang ini juga jadi evaluasi bagi atlet puslatda,” ujarnya.

Sepekan sesudah itu, giliran digelar kompetisi selam nomor kolam, yakni kejuaraan fin swimming antar kabupaten/kota tingkat nasional untuk memperebutkan piala gubernur Jawa Timur. (dn/nin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs