Jumat, 19 April 2024

Kontingen Sepak Takraw Indonesia Ikuti Kejuaraan Dunia di Thailand

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sebanyak 38 kontingen sepak takraw nasional secara resmi dilepas Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, menuju ke Kejuaraan Dunia Sepak Takraw ke-33 King's Cup, Thailand yang akan diselenggarakan di Nakhon, Ratchasima pada 23 hingga 30 September mendatang di Gedung PPITKON, Senayan, Jakarta, Kamis (20/9) siang. Foto: kemenpora.go.id

Sebanyak 38 kontingen sepak takraw nasional secara resmi dilepas Raden Isnanta Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kamis (20/9/2018) siang, menuju ke Kejuaraan Dunia Sepak Takraw ke-33 King`s Cup, Thailand yang akan diselenggarakan di Nakhon, Ratchasima. Kejuaraan ini diselenggarakan selama kurang lebih satu minggu mulai 23-30 September mendatang di Gedung PPITKON, Senayan, Jakarta.

Isnanta berpesan kedepan para atlet harus punya obsesi untuk meraih medali emas di segala kejuaraan, selain menambah ketrampilan juga menambah pengalaman bertanding.

“Ini adalah peluang untuk menunjukkan prestasi di even bergengsi terlebih ini semua akan bermain di kasta pertama sepak takraw dengan performa terbaik, pelatih silakan amati, ikuti rekam jejak para atlet secara total semoga menjadi pencatatan terbaik bagi tim pemandu bakat,” katanya dilansir laman kemenpora.go.id.

“Takraw ini juga menjadi tontonan menarik dan berpeluang menjadi industri, yang tidak masuk pelatnas nanti atletnya tetap kita maksimalkan pada kejuaran-kejuaraan sebagai program berjenjang dan bertahap semua memiliki kesempatan bersama untuk berkembang, selamat berlatih dan bertanding jaga kekompakan,” tambahnya didampingi Bambang Laksono Asdep Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga.

Sebelumnya, Edi Suryanto Kepala Bidang Pengelolaan PPLM melaporkan tujuan para atlet mengikuti kejuaraan dunia sepak takraw di Thailand ini untuk memberikan pengalaman bertanding di level internasional. Sekaligus mengevaluasi perkembangan pelatihan atlet di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Mahasiswa (PPLM).

“Kontingen yang akan berangkat terdiri dari 11 atlet PPLM Nasional, 17 atlet hasil seleksi Kejurnas Piala Menpora 2018 yang terdiri atas 16 atlet putra dan 3 pelatih, 12 atlet putri dan 3 pelatih, 1 meassure, 1 pelatih fisik, 1 orang medis dan 1 ofisial total 38 orang,” ujarnya.

Tahun 2018 ini, tim takraw PPLM Indonesia akan mengikuti 5 nomor yang dipertandingkan yakni nomor tim even (pa-pi), nomor quadrant (pa-pi), nomor regu even (pa-pi), nomor double even (pa-pi) dan hoop putra.

Di tahun sebelumnya pada kejuaraan yang sama Indonesia berhasil meraih medali perak pada nomor putra beregu dan medali perunggu untuk putri beregu.

Asnawi Abdulrahman Ketua Umum PB PSTI mengatakan, Kejuaraan King`s Cup Thailand 2018 dijadikan ajang seleksi untuk atlet masuk pelatnas SEA Games 2019 sekaligus pelatnas jangka panjang untuk Asian Games 2022.

“Terima kasih kepada Kemenpora karena memberangkatkan kontingen terbesar sepak takraw nasional ke kejuaraan dunia ini adalah sejarah dan pertama kali,” katanya.(tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs