Rabu, 1 Mei 2024

Medali Asian Games Bercorak Batik Cerminkan Keanekaragaman Indonesia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Erick Thohir Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) menunjukkan medali emas untuk Asian Games 2018 seusai diluncurkan di Jakarta, Sabtu (30/6/2018). Foto: Antara

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyebut medali Asian Games dengan corak batik mencerminkan keanekaragaman budaya Indonesia.

“Kami meluncurkan desain medali dengan logo Asian Games dan corak batik dari seluruh penjuru Indonesia. Itu menunjukkan keanekaragaman budaya sekaligus persatuan Indonesia,” kata Erick Thohir Ketua INASGOC dalam kegiatan Fun Run Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (1/7/2018).

Erick mengatakan, motif-motif batik dalam medali Asian Games 2018 merupakan motif batik yang dipakai oleh tiga maskot Asian Games.

Antara melansir, selain keanekaragaman budaya, motif-motif batik itu juga mencerminkan keanekaragaman suku, agama, dan ras masyarakat Asia yang berpartisipasi dalam Asian Games ke-18 itu.

Dalam kegiatan Fun Run Asian Games di Jakarta itu, sebanyak 5.000 orang mengikuti lomba lari berjarak dua kilometer di komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan itu.

“Kami mohon maaf karena harus membatasi peserta sebanyak 5.000 orang karena kami ingin menjamin kerapian dan keamanan penyelenggaraan.. Ini adalah kegiatan fun run terbesar karena selain 5.000 orang di Jakarta, ada 2.000 peserta fun run di Palembang. Kebetulan hari ini adalah HUT Polri sehingga fun run juga digelar di seluruh kota di Indonesia,” kata Erick tentang minat masyarakat dalam Fun Run Asian Games itu.

INASGOC, lanjut Erick, akan menggelar kirab obor mulai 15 Juli di 53 kota dan kabupaten di 18 provinsi. Kirab obor itu menempuh jarak 18 ribu kilometer.(ant/tna)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs