Sabtu, 20 April 2024
Asian Games 2018

Obor Asian Games Disambut Tarian Dayak Setelah Tiba di Banjarmasin

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi Tari klosal Mahelat Lebo. Foto: Antara

Tari Suku Dayak Mahelat Lebo menjadi atraksi penyambutan datangnya obor Asian Games di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Senin (30/7/2018).

Obor Asian Games dibawa Nadjmi Adhani Wali Kota Banjarbaru dari Bandara Syamsuddin Noor dalam tinder box dan diterima H Abdul Haris Sekdaprov Kalsel di Jalan A Yani km 8. Selanjutnya obor tersebut akan diserahkan kepada Tonny Maringgi Oly mantan atlet tenis meja nasional.

Sebelum obor di serahkan kepada Tonny Maringgi Oly yang pernah meraih juara satu pra-Olympic tahun 1988, sejumlah penari menampilkan tarian penyambutan khas Dayak.

Tari Mahelat Lebo dimainkan penari dari sanggar Permata Ije Jela Kabupaten Barito Kuala. Tarian itu menampilkan atraksi sembur api, senjata khas dayak mandau beserta tamengnya.

Menurut Mukhlis Maman penata musik tarian tersebut, Mahelat Lebo adalah sebuah tarian yang menggambarkan kesiapan masyarakat Suku Dayak Bakumpai di Kabupaten Barito Kuala, Kalsel, untuk mempertahankan Tebo atau kampung halaman.

Tarian ini, masih kata dia, menggunakan mandau atau senjata parang khas suku Dayak, tombak dan talabang (tameng) serta didukung semangat yang berkobar menggapai api yang menyala-nyala.

“Kita sebagai Suku Dayak Bakumpai sangat mendukung pergelaran Asian Games 2018 ini di negara kita. semoga semangat kami ini menyukseskan penyelenggaraannya,” ujar Mukhlis Maman dilansir Antara.

Obor Asian Games selanjutnya diarak menelusuri jalan protokol Kota Banjarmasin, yakni di Jalan A Yani. Kemudian, obor disambut H Sahbirin Noor Gubernur Kalsel di Taman Nol Kilometer Jalan A Yani yang bertempat di Siring Sungai Martapura. Ribuan pelajar di Banjarmasin berjajar memenuhi pinggir jalan untuk menyambut obor Asian Games tersebut.

Setalah arak-arakan, obor Asian Games ini kemudian akan ditempatkan di Gedung Mahligai Pancasila, komplek perumahan Gubernur Kalsel.(ant/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs