Rabu, 24 April 2024
Asian Games 2018

Pino Bahari Pertemukan Obor Asian Games dengan Api Biru Ijen

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pino Bahari mantan petinju nasional membawa obor Asian Games 2018 berlatar api biru di Kawah Ijen. Foto: Istimewa

Pino Bahari Mantan atlet tinju nasional menjadi pembawa obor Asian Games dan dipercayai mempertemukan api obor Asian Games 2018 dengan api biru di Kawah Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (21/7/2018) tengah malam.

Antara melansir, Obor Asian Games tiba di kaki Gunung Ijen, kawasan Paltuding, Banyuwangi, pukul 23.30 WIB. Selanjutnya obor yang apinya diambil dari New Delhi, India, itu dibawa mendaki.

Pukul 02.00 WIB dini hari, Minggu (22/7/2018), Pino Bahari memimpin rombongan menuju puncak Ijen berketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Setelah menempuh perjalanan 1,5 jam, obor tiba di puncak kawah yang luasnya lebih dari 5.000 hektar tersebut. Ribuan wisatawan yang hadir menjadi saksi momen internasional itu.

“Suatu kebanggaan tersendiri dipercaya membawa obor Asian Games. Ini mengingatkan saya pada perjuangan saya meraih emas Asian Games 1990 di Tiongkok,” ujar Pino dalam siaran pers Pemkab Banyuwangi.

Pino lalu berhenti di pinggir kawah sembari membawa obor berlatar belakang api biru. Momen itu pun dimanfaatkan wisatawan dan fotografer yang menyertai perjalanannya saat menuju Puncak Ijen.

Sebuah pemandangan eksotis tersaji. Obor sebagai tanda semangat Asian Games yang diikuti 16.000 atlet dan ofisial dari 45 negara, bertemu dengan api biru Kawah Ijen.

“Pemandangannya luar biasa keren. Obor Asian Games ada di kawah dengan latar belakang api biru yang fantastis,” ujar Pino, petinju legendaris Indonesia.

Seiring terbitnya matahari, pawai obor pun menuruni puncak Ijen untuk dikelilingkan di kota Banyuwangi.

“Kami menyiapkan beragam atraksi seni sebagai bentuk kebanggaan daerah dalam menyambut perhelatan olahraga akbar se-Asia ini. Kami juga menjadikan momen ini untuk promosi wisata,” ujar Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi.

Obor lalu dibawa menuju Stadion Diponegoro secara estafet oleh delapan pebalap sepeda Banyuwangi Road Cycle Community (BRCC). Beragam atraksi seni mulai tari gandrung, barong, dan Banyuwangi Ethno Carnival mengiringi ajang pesta rakyat yang digelar bersama Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC).

Lalu obor diarak keliling kota secara estafet oleh 10 pelari yang terdiri dari atlet dan warga berprestasi. Para atlet pembawa obor adalah mereka yang pernah berprestasi tingkat nasional hingga Asia.

“Juga ada Ahmad Zulkarnaen, fotografer penyandang disabilitas yang tidak kenal lelah menghasilkan karya-karya fotografi yang menginspirasi kita,” ujar Anas.

Titik terakhir pawai adalah Pendopo Sabha Swagata Blambangan, bangunan bersejarah yang berdiri sejak lebih dari dua abad silam. Obor disemayamkan di pendopo berkonsep arsitektur hijau itu selama satu malam. (ant/bas/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs