Selasa, 30 April 2024

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya Digelar 16 November 2019

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya 2018. Foto: Dispora Jatim

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur kembali menggelar kegiatan gerak jalan reguler tahunan, yakni Gerak Jalan Perjuangan (GJP) Mojokerto-Surabaya. Gerak jalan ini nantinya akan melibatkan ribuan peserta dari berbagai daerah di Jatim bahkan Indonesia.

Acara GJP Mojokerto-Surabaya yang akan diadakan 16 November mendatang, seolah telah menjadi satu diantara ‘icon’ gerak jalan terbesar di Jawa Timur.

Zaenal Leading Sector Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya mengatakan, pelaksanaan acara gerak jalan tahun ini memiliki sedikit perbedaan dengan tahun lalu.

“Tahun lalu, yang dipertandingkan hanya Perorangan Putra-putri, Beregu Umum, Beregu TNI-Polri, Beregu Pelajar, serta Pakaian Perjuangan Putra dan Putri. Sementara untuk tahun ini ada tambahan untuk kategori Pakaian Terunik,” ujarnya.

Ia mengatakan, kategori pakaian terunik diusulkan oleh Supratomo Kepala Dispora Jatim, agar kompetisi ini semakin semarak.

Selain itu, pemberangkatan peserta Festival Sepeda Juang yang terlibat di kegiatan ini juga akan dibarengkan di satu titik.

Start rombongan Sepeda Juang akan dilakukan di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Mojokerto. Lokasi ini sama dengan lokasi start peserta gerak jalan. Hanya saja, rombongan Sepeda Juang diberangkatkan satu jam sebelumnya.

Sementara untuk pengamanan, Zaenal menyebut, tim keamanan sepenuhnya sudah diserahkan kepada Polda Jawa Timur. Diperkirakan, sekitar 5.000 personel akan diterjunkan untuk mengawal kegiatan ini.

Ia berharap, jumlah peserta GJP 2019 dapat mencapai 10.000 peserta. Meski diakui Zaenal, penyelenggaraan gerak jalan di tahun-tahun sebelumnya pun telah mencapai 13.000 peserta.

Dalam pendaftaran tahun ini, selain bisa datang ke Kantor Dispora di Jalan Kayoon Surabaya, calon peserta juga dapat mendaftar lewat online di website www.gjpdisporajatim.com. Pendaftaran akan dibuka sampai hari H pelaksanaan, yakni pada 16 November 2019.

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto Surabaya 2019 alam memperebutkan hadiah total lebih dari Rp120 juta. Acara dimulai pukul 15.30 WIB di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Mojokerto dan berhenti di Tugu Pahlawan Surabaya.

Rute yang akan dilewati diantaranya Jalan Brawijaya Mojokerto, Gajahmada Mojokerto, Pasar Krian Sidoarjo, Kletek Sepanjang, Raya Mastrip, Jalan Diponegoro Surabaya serta Blauran.

Peserta rencana akan dilepas langsung Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dengan menempuh jarak sekitar 56 kilometer.(bud/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs