Minggu, 5 Mei 2024

Hari ke-4 Kirab, Api Porprov Akan Diserahterimakan di Gelora Joko Samudro

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Api Porprov saat diserahterimakan di Jembatan Glendeng Tuban. Foto: Budi Suara Surabaya

Api Porprov akan dikirab menuju Surabaya, Kamis (4/7/2019) ini. Setelah sebelumnya dikirab dari Lamongan dan diinapkan di pendopo Kabupaten Gresik.

Prosesi penyerahan api Porprov hari ini tidak langsung dari pendopo Kabupaten Gresik ke Surabaya seperti penyerahan sebelumnya. Tapi rencananya akan melewati prosesi di gedung olahraga Joko Samudro Gejos Gresik.

Deddy Suhayadi Ketua Panitia Kirap Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) mengatakan, sekitar pukul 14.00 WIB nanti api Porprov yang dikirap dari pendopo Kabupaten Gresik akan dibawa ke Joko Samudro untuk kemudian diserahterimakan dari Sekda Gresik pada Nabil Panitia Besar PB Porprov.

Kemudian, api Porprov akan langsung dikirab ke Surabaya dengan mobil rombongan khusus lewat jalan tol keluar Waru sekitar pukul 16.00 WIB, seperti yang dilaporkan Budi Leksono reporter Suara Surabaya.

Menurut Deddy, sesudah keluar Waru, kirab api Porprov tidak langsung dibawa ke Grahadi tapi dibawa ke Dinas Perhubungan Jatim di Jalan Ahmad Yani. Di sini api Porprov untuk sementara ditempatkan beberapa jam saja sebelum dikirab lagi menuju Grahadi.

Sesudah magrib api Porprov akan dikirab lagi menuju gedung negara Grahadi dan disambut langsung oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim sekitar pukul 19.00 WIB.

Deddy mengatakan, setibanya di Grahadi api Porprov akan disambut berbagai acara diantaranya marching band dari Poltek Penerbangan, tarian kolosal Mojopahit dan juga flash mob jingle lagu Porprov Jatim 2019.

Masyarakat Surabaya atau Jawa Timur diberi kesempatan untuk hadir langsung di Grahadi karena penyambutan api obor ini terbuka untuk umum. Karena yang hadir tidak hanya dari pejabat provinsi ataupun kabupaten/kota.

Karena sebelumnya Khofifah Indar Parawansa pernah mengatakan, jika Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-6 Tahun 2019 ini bukan hanya untuk mencari atlet-atlet berprestasi tapi juga sebagai bagian dari pesta rakyat.

Di sini masyarakat tidak hanya bisa menikmati euforia pesta olahraga 2 tahunan ini, tapi juga kesempatan masyarakat untuk ikut menikmati kegembiraan dari rangkaian kegiatan pelaksanaan Porprov.

Dalam kesempatan nanti malam, gedung negara Grahadi juga menyiapkan panggung untuk melengkapi penyambutan api obor.

Deddy Suhayafi berharap, masyarakat Surabaya dan sekitarnya bisa hadir di gedung negara Grahadi untuk menyaksikan prosesi ini karena ini bagian dari sejarah. Karena sebelumnya rangkaian kegiatan Porprov di Jatim tidak semeriah ini.

Masyarakat juga bisa mengambil kesempatan untuk benar-benar memanfaatkan momentum ini karena Pekan Olahraga Provinsi bukan hanya milik atlet, Koni Kabupaten kota ataupun cabang olahraga peserta, tapi juga milik masyarakat Jawa Timur.

Perlu diketahui, di gedung negara Grahadi nanti api Porprov akan diinapkan sehari karena besok akan kembali dikirap ke Lamongan sebagai rangkaian prosesi pembukaan pekan olahraga provinsi (Porprov) ke-6. (bud/dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
30o
Kurs