Jumat, 26 April 2024

Indonesia Rebut Juara Umum dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Salah satu atlet yang menjadi juara umum dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia U-15 dan U-17 2019. Foto: Istimewa

Indonesia memastikan menjadi juara umum dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia U-15 dan U-17 2019. Dengan hanya memperoleh empat medali emas, cukup bagi merah putih menjadi yang terkuat dalam ajang yang berakhir kemarin di GOR Sudirman, Surabaya, tersebut.

Rival terdekat Indonesia dalam perburuan juara umum adalah Jepang. Negeri Sakura itu mendapatkan dua emas dan satu perak. Sementara, Malaysia, Thailand, India, dan Korea Selatan sama-sama memperoleh satu gelar juara.

“Ini membuktikan persaingan ketat tidak hanya terjadi di senior. Di level d bawah usia 15 dan 17 pun, persaingan tak kalah sengit,” kata Ahmad Budiharto Sekjen PP PBSI, seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Hanya saja, Budi mengaku hasil ini belum bisa jadi acuan. Alasannya, Tiongkok tak ikut serta.

Alasannya apa, saya kurang paham. Mungkin, mereka punya agenda tersendiri,” ujarnya.

Namun, dia mengaku cukup terbantu dengan adanya Kejuaraan Asia ini. Dia melihat PPBSI sudah mempunyai gambaran siapa yang bisa dinaikan ke jenjang junior atau U-19.

Di antara gelar yan diraih Indonesia, nomor tunggal putra di U-15 yang cukup mengejutkan. Alasannya, Alwi Farhan tak diunggulkan sama-sama sekali untuk naik ke podium terhormat.

Dengan posturnya yang termasuk kurang karena hanya 161 centimeter, dia paling pendek di antara semua lawan yang dihadapi. Termasuk Ma Cheng-Yi dari Taiwan. Namun, di atas lapangan, Alwi tampil trengginas. Kepintaran memainkan tempo permainan membuat lawannya itu menyerah dua game langsung 21-19, 21-16.

“Saya tidak menyangka bisa menjadi juara. Saya sudah berjuang keras sejak babak pertama,” katanya.

Selain itu, Rahmad Hidayat menjadi satu-satunya pebulu tangkis yang mampu meraih juara di dua nomor yakni ganda putra U-17 dan ganda campuran U-17. Di ganda putra, atlet asal PB Djarum Kudus tersebut berpasangan dengan Febi Setianingrum dan mengalahkan Beh Chun Meng/Cheng Su Hui dari Malaysia 21-10, 14-21, 21-12. Di ganda putra, berpasangan dengan Davin Rutama, mereka menghentikan perlawanan rekannya sendiri, Muhammad Rayhan/Marwan, 16-21, 21-18, 22-20. (dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs