Jumat, 29 Maret 2024

Kejuaraan Paralayang se-Indonesia di Jember Diharapkan Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Salah satu peserta yang mengikuti Kejuaraan Paralayang se-Indonesia yang memperebutkan Piala Bupati Jember di Bukit Mandigu, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (2/11/2019). Foto: Antara

Faida Bupati Jember mengatakan, Kejuaraan Paralayang se-Indonesia yang digelar Pemerintah Kabupaten Jember, kerja sama dengan Lanud Abd Saleh di Bukit Mandigu, Kabupaten Jember, diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata dan perekonomian di wilayah setempat.

“Kejuaraan paralayang yang diikuti puluhan atlet itu untuk mengembangkan olahraga kedirgantaraan sekaligus mendongkrak sektor pariwisata dirgantara di Jember,” katanya, dilansir Antara, Sabtu (2/11/2019).

Menurutnya kejuaraan paralayang itu diikuti puluhan atlet dari beberapa daerah di Indonesia. Bahkan atlet Jember yang jadi juara nasional juga hadir. Sehingga diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi atlet lainnya.

“Olahraga dirgantara itu juga terkait dengan pengembangan pariwisata, ekonomi, dan pendidikan, sehingga harus dijalankan bersama-sama,” tuturnya.

Di arena kejuaraan tersebut juga dijual produk-produk UMKM Kecamatan Umbulsari sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi lokal. Sehingga diharapkan dapat mengungkit perekonomian warga sekitar.

“Saya berharap kejuaraan paralayang tersebut dapat diagendakan sebagai kegiatan tahunan di Jember. Karena ada venue olahraga dirgantara yang cukup bagus di Bukit Mandigu. Sehingga bisa menjadi salah satu venue alternatif olahraga paralayang di Jatim,” katanya.

Sementara Kolonel Penerbang Eko Sujatmiko perwakilan dari Lanud Abd Saleh mengatakan Kejuaraan Paralayang Bupati Jember Cup 2019 itu diikuti sebanyak 89 peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Jawa, Kalimantan, dan Papua.

“Kejuaraan paralayang itu bukan sekedar olahraga, tetapi juga bisa mengembangkan potensi wisata daerah, sehingga kami sangat mengapresiasi Pemkab Jember yang sudah berinovasi dan kreatif,” tuturnya.

Menurutnya kegiatan tersebut memiliki aspek tujuan yakni membina para atlet, mengedukasi masyarakat dan mengembangkan sektor pariwisata yang memiliki kesinambungan, namun keselamatan juga harus menjadi prioritas utama.

Ni Ketut Ardani Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jember mengatakan kegiatan kejuaraan paralayang bertujuan untuk memperkenalkan dan memasarkan cabang olahraga dirgantara.

“Paralayang sebagai salah satu cabang olahraga resmi pekan olahraga nasional yang perlu dikenalkan kepada masyarakat, serta mengedukasi, utamanya pelajar dan mahasiswa tentang olahraga dirgantara,” katanya.

Kejuaraan paralayang tersebut digelar pada 1-3 November 2019, dengan mempertandingkan ketepatan mendarat senior putra dan putri, ketepatan mendarat junior putra dan putri, ketepatan mendarat untuk siswa putra dan putri, ketepatan mendarat untuk militer putra dan putri. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs