Jumat, 29 Maret 2024

Maskot PON 2020 Resmi Dikenalkan Bersamaan dengan Countdown 333 Hari

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Seorang warga mengamati maskot PON 2020 Papua yang bernama Drawa (kiri) dan Kangpo (kanan). Foto: Antara

Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) 2020 Papua di Jakarta, Rabu (20/11/2019) resmi mengenalkan maskot kejuaraan empat tahunan tersebut bersamaan dengan countdown atau hitung mundur tetap 333 hari sebelum pelaksanaan.

Maskot PON 2020 ada dua yaitu Drawa yang merupakan burung khas asli Papua yaitu cendrawasih serta Kangpo yang merupakan kependekan dari nama hewan kanguru pohon.

“Kedua maskot ini khas Papua. Untuk kanguru selama ini dikenal di Australia. Ternyata di Papua ada dan dikenal dengan kanguru pohon,” kata John Wei Ketua Bidang 2 PB PON di sela pengenalan maskot PON 2020 Papua di TVRI Pusat Jakarta, seperti dilansir Antara.

Dengan diperkenalkannya maskot, menurut dia, persiapan PON 2020 dipastikan sesuai dengan tahapan. Ia berharap tidak ada lagi pihak yang ragu akan pelaksanaan PON di Bumi Cendrawasih yang bakal dibuka pada 20 Oktober 2020.

Tidak hanya pengenalan maskot, John Wei menegaskan bahwa apa yang menjadi tanggung jawabnya termasuk IT, pemasaran hingga keamanan ini juga sudah berjalan sesuai dengan tahapan dan dibuktikan pula dengan peluncuran website resmi PON 2020 Papua.

“Infrastruktur IT sudah kami siapkan dengan Telkom dan Telkomsel. Tapi ada rencana untuk kerja sama dengan provider lain,” kata Kasiana Ramdhan perwakilan bagian IT.

Masalah IT memang menjadi salah satu yang krusial. Apalagi pertandingan PON 2020 bakal disiarkan secara langsung oleh TVRI. Bahkan televisi pemerintah ini sudah menyiapkan program khusus selama 120 jam.

“Kami telah ditunjuk menjadi media partner. Kami akan menyambut PON 2020 mulai awal dari akhir dan kami dukung dengan 3.000 lebih pemancar,” kata Tumpak Pasaribu Direktur Umum TVRI.

Sementara itu, Elia Loupatty Sekretaris Umum PB PON mengatakan segala persiapan terus dilakukan termasuk pembangunan lokasi pertandingan. Pembangunan sendiri dijadwalkan tuntas pada Mei 2020.

“Keraguan yang ada kami tepis dengan pembangunan. Kami pastikan semuanya akan siap sesuai dengan jadwal,” katanya saat dikonfirmasi.

PON XX Papua bakal mempertandingkan 37 cabang olahraga dengan 679 nomor yang dipertandingkan. Pertandingan sendiri bakal dipusatkan di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs