Jumat, 10 Mei 2024

Nana Rudianto, Petenis 77 Tahun yang Terus Berprestasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Taniya Nanette Rudianto Tangkau atau sering dipanggil Nana Rudianto saat memegang piala di kediaman pribadinya di Jalan Sedap Malam, Ketabang, Genteng, Surabaya. Foto: Budi Suara Surabaya

Usia bukan halangan untuk terus berprestasi. Meski telah berusia 77 tahun, konsistensi, kecintaan dan keseriusan tentang apa yang digeluti menjadi penyemangat tanpa penghalang di cabang olahraga tenis. Itulah sosok Taniya Nanette Rudianto Tangkau.

Meski usianya setengah abad lebih, semangatnya untuk tetap menjadi petenis putri tetap membara. Tanpa lelah, ia terus mengejar bola dalam setiap permainannya.

Bahkan di usianya yang sudah tidak muda lagi, beberapa kejuaraan lokal Veteran Open dan di luar negeri seringkali dimenangkan. Termasuk yang terakhir adalah turnamen yang diadakan di China.

Perempuan yang biasa dipanggil Nana Rudianto ini hanya menyebut prestasi tenisnya karena memang kecintaan pada olahraga tenis. Semangat dan motivasinya dalam menghadapi setiap pertandingan menjadi satu diantara kunci suksesnya.


Nana Rudianto dengan semangat membawa piala tenis yang ia peroleh dari kecintaannya di cabang olahraga tersebut. Foto: Budi Suara Surabaya

Pada Budi Leksono reporter Suara Surabaya, mantan Ketua Umum Pengurus Kota Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pengkot PELTI) Surabaya ini mengaku kecintaannya pada cabang olahraga tenis memang tidak bisa dihindari.

Cabang olahraga tenis sudah menjadi bagian dari hidupnya. Bahkan lewat cabang olahraga tenis, ia punya banyak teman dan saudara dari berbagai daerah. Inilah yang membuat tenis menjadi bagian dari hidupnya selama bertahun-tahun.

Disinggung soal prestasinya, Nana Rudianto mengatakan karena konsistensinya di cabang olahraga tenis veteran sudah tidak terhitung lagi berapa kali sukses menjadi juara.

Bahkan tahun 80-90, Nana Rudianto menyebut setiap tahun selalu juara tunggal dan double di Malang Veteran Open. Sementara di Singapura, ia pernah juara Panasonic Open di nomor single. Waktu itu mengalahkan petenis Australia. Lalu di 2006 juga pernah juara double 2 tahun berturut-turut. Sementara tahun ini di Pineng juga juara beregu.

Sebagai bagian dari komitmennya untuk terus bermain tenis, 25 Mei mendatang Nana Rudianto rencana juga akan kembali mengikuti kejuaraan Veteran Open di Barcelona Spanyol. Di pertandingan ini akan tampil di nomor double bersama Yeni Mokar usia 68 tahun dan di event ini siap target juara.

Selain ikut kejuaraan di Spanyol, Nana Rudianto juga akan menggelar kejuaraan Veteran Open di Jakarta. Ini bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI. Event ini akan digelar selama 2 hari 24-25 Agustus mendatang.

Nana Rudianto juga berharap, di usianya yang sekarang, ia masih ingin terus bermain tenis. Beberapa kejuaraan veteran masih akan diikuti baik lokal ataupun luar negeri. Hanya saja itu masih akan melihat kondisi fisik dan peluangnya untuk bisa kembali tampil.(bud/tin/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
32o
Kurs