Jumat, 29 Maret 2024
Polemik GBT

Pemkot Surabaya Mengaku Tak Dapat Kabar Kunjungan Menpora di GBT

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
GBT. Foto: Humas Pemkot Surabaya.

Pemerintah Kota Surabaya menilai ada miskomunikasi saat agenda kunjungan Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Minggu (3/11/2019).

Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya mengaku tidak ada informasi yang diterima Pemkot Surabaya jika Menpora akan berkunjung ke GBT. Justru, dia baru tahu Menpora sudah berada di GBT dari awak media.

“Saya mendampingi Ibu Walikota sepanjang siang hari. Sama sekali tidak ada informasi mengenai kunjungan Menpora. Tiba-tiba ada wartawan yang telpon saya menginformasikan bahwa Menpora sudah di GBT,” ujarnya Minggu malam dalam keterangan tertulis.

Febri menegaskan, dari segi keprotokolan, tentu Pemkot Surabaya akan menyambut dan mendampingi kalau ada pejabat negara yang berkunjung, apalagi ini selevel menteri. “SOP di kami pasti didampingi, hanya saja sama sekali tidak ada informasi mengenai hal itu,” imbuhnya.

Febri berharap, ke depan komunikasi bisa lebih baik dan hal serupa tidak terulang lagi. “Kami selalu terbuka dan siap berkoordinasi dengan semua pihak,” kata mantan Kabid Pengembangan Sumber Daya Satpol PP Kota Surabaya ini.

Edi Santoso Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya mengungkapkan hal serupa. Pihaknya tidak menerima informasi perihal kunjungan Menpora ke GBT.

“Saya siang itu posisi baru pulang dari Nganjuk. Setelah sampai di Surabaya, saya cek HP, baru tahu banyak sekali panggilan tak terjawab. Ternyata itu terkait kunjungan menteri,” katanya.

Edi menjelaskan, kondisi GBT jika tidak sedang digunakan memang dikunci. Hal itu sudah merupakan standar pengamanan di GBT. Apalagi, GBT akan digunakan sebagai salah satu stadion penyelenggara Piala Dunia U-20. Sehingga pengamanan harus ditingkatkan.

Setelah itu, Edi juga melakukan pengecekan, ternyata juga tidak ada surat pemberitahuan yang masuk ke Dispora Surabaya perihal rencana kunjungan Menpora. Senada dengan Febri, Edi memastikan bahwa kedatangan pejabat negara pasti akan didampingi. Menurutnya, ini hanyalah miskomunikasi. Dia menyatakan Pemkot sangat terbuka. Intinya, tentu ada koordinasi yang jelas.

“PSSI saja buktinya selalu kami dampingi selama proses peninjauan lapangan, karena sudah ada koordinasi yang jelas,” katanya.

Sebelumnya, Minggu (3/11/2019) siang, Zainudin Amali Menpora melakukan sidak ke Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya berkaitan persiapan Venue Piala Dunia U20 2021. Namun, saat Menpora sampai di lokasi, ternyata tidak bisa masuk Stadion GBT karena dalam keadaan terkunci. (bid)

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs