Sabtu, 27 April 2024

Presiden Melepas Kontingen Indonesia ke SEA Games Filipina

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden memberikan Bendera Merah Putih kepada Raja Sapta Oktohari Ketua National Olympic Commitee, dalam upacara pelepasan Kontingen Indonesia ke ajang SEA Games 2019 Filipina, Rabu (28/11/2019), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, Rabu (28/11/2019) sore ini secara resmi melepas para atlet nasional yang akan berlaga di SEA Games ke-30 di Filipina, dari tanggal 30 November sampai 11 Desember 2019.

Upacara pelepasan Kontingen Indonesia itu berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, beberapa jam sesudah Jokowi tiba dari kunjungan kerja di Korea Selatan.

Hadir dalam acara, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, Raja Sapta Oktohari Ketua National Olympic Commitee, dan Harry Warganegara Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia ke SEA Games 2019.

Sementara, 841 orang atlet yang akan berangkat ke Filipina, berbaris rapi di halaman Istana Bogor. Mereka kompak memakai seragam warna merah putih dengan topi merah.

Dalam laporannya kepada Presiden, Menpora menyampaikan atlet yang berlaga di SEA Games 2019 komposisinya 60 persen atlet junior, dan 40 persen atlet senior.

Zainuddin Amali mengatakan, jumlah atlet muda lebih banyak supaya mereka bisa merasakan atmosfer multievent berskala internasional.

Dengan begitu, diharapkan para atlet muda siap mental untuk berjuang di ajang Olimpiade ke-32, di Tokyo, Jepang, Tahun 2020.

Sementara itu, Jokowi Presiden memberikan semangat kepada seluruh anggota Kontingen Indonesia, mulai atlet, pelatih dan ofisial, baik yang sudah berada di Filipina maupun yang baru akan berangkat.

Presiden menyebut, 267 juta masyarakat Indonesia mendukung penuh perjuangan atlet nasional dari berbagai cabang olahraga.

Mengenai target prestasi, Jokowi minta Kontingen Indonesia meraih banyak medali emas dan masuk peringkat dua besar dari 11 negara peserta.

Sekadar informasi, Kontingen Indonesia akan tampil dalam 52 cabang olahraga dari 56 cabang yang dipertandingkan pada SEA Games 2019.

Lalu, ada 424 nomor pertandingan yang akan diikuti oleh atlet nasional Indonesia dari total 530 nomor yang akan dimainkan.

Untuk mencapai target raihan 45-50 medali emas, Kontingen Indonesia mengandalkan beberapa cabang olahraga seperti Bulu Tangkis, Angkat Besi, Pencak Silat, Atletik, Renang, Panahan, Wushu, dan Karate.(rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
26o
Kurs