Jumat, 26 April 2024

Risma Ingin GBT Jadi Venue Utama Piala Dunia U20

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Foto: Humas Pemkot Surabaya

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menegaskan kesiapan Stadion Gelora Bung Tomo menjadi venue pertandingan Piala Dunia U20 tahun 2021. Risma menginginkan Stadion GBT tidak hanya menjadi venue untuk penyisihan group saja. Tapi, pertandingan final juga digelar di stadion kebanggan arek Suroboyo itu.

“Saya ingin Surabaya bisa menjadi tuan rumah, bukan hanya grup, tapi juga ingin menjadi tempat (pertandingan) final (Piala Dunia U20 tahun 2021),” ujar Risma di rumah dinasnya, di Jalan Sedap Malam, Surabaya, Kamis (24/10/2019).

Risma juga berharap, grup peserta Piala Dunia U20 tahun 2021 yang berlaga di Stadion GBT adalah grup yang diisi oleh tim Indonesia. Hal itu agar penonton yang datang ke stadion lebih meriah.

“Iya (berharap Timanas Indonesia U20 berlaga di Surabaya pada Piala Dunia U20 tahun 2021). Ya jadi venue utama gitu,” kata Risma.

Terkait penyempurnaan fasilitas, Risma menegaskan kesiapannya untuk memenuhi fasilitas tersebut, sebelum evaluasi dilakukan. Rencananya, evaluasi kesiapan stadion dilakukan enam bulan setelah pengumuman siapa yang terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2021.

“Saya akan berusaha sekuat dan sekemampuan saya untuk menyiapkan ini. Meskipun nanti mungkin saua udah enghak jadi wali kota lagi, saat acara. Tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin mempersiapkan untuk menjadi tuan rumah,” ujar Risma.

Fasilitas yang disiapkan di antaranya adalah fiberoptic internet base. Risma juga menegaskan kesiapan mengganti kursi stadion dengan single seat. Rencananya, awal tahun akan mulai dilelang pengadaan single seat ini, dan ditarget pengerjaannya bisa selesai tiga bulan.

Risma juga menegaskan kesiapan memperbaiki stadion untuk latihan. Adapun lapangan yang disediakan lapangan Karanggayam, Lakarsantri, Sambikerep, dan Sememi. Pun terkait peningkatan kapasitas lampu, Risma menegaskan akan segera meningkatkannya. Risma juga mengaku telah menyiapkan pembuatan akses lain menuju GBT, supaya tidak macet.

“Secara persyaratan kita sebenarnya sudah terpenuhi. Hanya saya juga malu kalau jelek. Itu masalah perbaikan toilet, ruang ganti, dan sebagainya,” kata Risma.

Indonesia secara resmi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam acara FIFA Council Meetings di Shanghai, Cina, Kamis (24/10/2019). Presentasi yang disampaikan Ratu Tisha Destria Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berhasil meyakinkan para panelis untuk memilih Indonesia dibandingkan para pesaingnya, yakni Brasil dan Peru. (bid/tin/rst)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs