Rabu, 26 Februari 2020

Sanggoe Persembahkan Emas Perdana Skateboard untuk Indonesia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Atlet dan ofisial timnas skateboard Indonesia berfoto sebelum berangkat menuju Filipina di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/11/2019). Foto: Antara

Penampilan matang Sanggoe Darma Tanjung mengantarkan dia memenuhi target rakyat Indonesia untuk meraih medali emas skateboard perdana bagi tim Merah Putih di SEA Games 2019 Filipina dari nomor street putra.

Berlaga di hari keempat perlombaan cabang skateboard di Tagaytay City Extreme Sports Complex, Sanggoe memperoleh nilai tertinggi yakni 21.2 poin, mengungguli atlet Filipina yang meraih 20.6 poin serta Thailand dengan 19.1 poin, demikian catatan laman resmi SEA Games 2019.

Atas hasil tersebut, Sanggoe berhasil memperbaiki catatan sebelumnya di Asian Games 2018 yang kala itu ia hanya mampu menyumbangkan medali perak.

“Sebenarnya hari ini luar biasanya Sanggoe bisa bermain dengan cukup tenang dan tidak terburu-buru meskipun lawannya memang berat. Untungnya Sanggoe dari awal sudah punya nilai yang baik meski ketika ada penambahan nilai ada gagal dua kali dalam triknya tapi dia tetap bisa di atas posisinya,” ungkap Jo Jaya Charles Kusuma Pelatih Timnas Skateboard, saat dihubungi dari Jakarta.

“Sanggoe juga sangat senang sekali, dia merasa dia berhasil karena sebenarnya di Asian Games kemarin, Sanggoe harus dapat emas, tetapi karena dia gak sabar, sekarang dia sudah bisa mengontrol emosinya,” ujarnya menambahkan, seperti dilansir Antara.

Pada pertandingan di hari yang sama untuk nomor street putri, atlet Indonesia lainnya yakni Susanto Kyandra harus puas dengan medali perunggu. Ia gagal mengungguli atlet Filipina yakni Didal Margielyn dan Means Christiana Nicole yang masing-masing membawa medali emas dan perak.

Sebelumnya, pada hari ketiga pertandingan, Basral Hutomo dan Nyimas Bunga Cinta berhasil menyumbangkan masing-masing medali perak dan perunggu pada nomor Game of Skate putra dan putri.

Pada pertandingan hari terakhir yang dilaksanakan Minggu (8/12), tim Indonesia akan tampil pada dua nomor lain yakni Park dan Downhill. Mereka yang akan turun pada nomor tersebut antara lain Jason Dennis (park putra), Pevi Permana (park putra), Andry Satria (downhill putra), Nyimas Bunga (park putri), Neepa Arumdapta (park putri), dan Jessica RF Putri Sibarani (downhill putri).

“Harapannya semoga semua atlet bisa kebagian medali,” ucap Charlie. (ant/dwi)

Berita Terkait