Minggu, 12 Mei 2024

Final Kualifikasi Regional Timur Piala Presiden Esports 2020 Digelar di Surabaya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Konferensi pers Piala Presiden Esports 2020 di Pakuwon Mall, Surabaya, Jumat (10/1/2020). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Piala Presiden, kejuaraan esports kasta tertinggi di Indonesia kembali bergulir. Kali ini, kualifikasi regional Indonesia Timur akan diselenggarakan di Surabaya, tepatnya di Grand Atrium Pakuwon Mall pada 11-12 Januari 2020.

Final Kualifikasi Regional ini adalah lanjutan tahapan Piala Presiden Esports 2020 yang resmi dimulai sejak Kick Off pada 13 Oktober 2019 yang lalu. Tercatat tidak kurang dari 177.098 pemain telah mendaftar dan mengikuti kualifikasi awal yang diselenggarakan secara online.

Selain mempertemukan berbagai atlet esport dari berbagai wilayah di Indonesia, turnamen olahraga elektronik ini juga diikuti oleh atlet-atlet dan tim esports dari Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Giring Ganesha Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 mengatakan, Final Kualifikasi Regional di Surabaya akan menyaring tim dan atlet-atlet esports dari wilayah Indonesia Timur yang berhasil lolos dari tahap kualifikasi online.

Mereka yang akan bertanding terdiri dari 12 tim (48 pemain) untuk game Free Fire, 64 pemain di game eFootball Pro Evolution Soccer (PES), dan 32 pemain di game Mobile Premiere League (MPL). Nantinya, masing-masing pemenang dari tahapan ini akan melaju ke tahap Final Nasional Piala Presiden Esports 2020 di Jakarta pada 1-2 Februari mendatang.

“Kami melihat gairah dan potensi esports di Indonesia semakin luar biasa, bahkan berkembang hingga ke berbagai daerah di Indonesia Timur. Oleh karena itu, dalam Final Kualifikasi di Surabaya ini, kami yakin akan muncul pemain dan tim esports dari Indonesia Timur yang mampu bersaing di tingkat nasional melawan tim-tim esports mancanegara,” ujar Giring Ganesha dalam konferensi pers yang digelar di Pakuwon Mall, Surabaya, Jumat (10/1/2020).

Giring menegaskan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 merupakan inisiatif untuk memajukan dan mengembangkan esports agar membawa dampak positif bagi Indonesia di berbagai aspek. Tidak hanya mengharumkan nama bangsa lewat prestasi atletnya, namun kedepan dapat mendorong pertumbuhan dari sisi ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Ini juga yang menjadi visi kami meningkatkan level turnamen Piala Presiden Esports dari sebelumnya level nasional, menjadi regional Asia Tenggara dengan melibatkan negara-negara tetangga. Harapannya atlet esports kita semakin kompetitif sekaligus di saat yang bersamaan bisa memberi dampak secara ekonomi kreatif dan ikut mendorong bertumbuhnya sport tourism,” jelasnya.

Giring menekankan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 merupakan inisiatif untuk memajukan dan mengembangkan esports agar membawa dampak positif bagi Indonesia di berbagai aspek. Tidak hanya mengharumkan nama bangsa lewat prestasi atletnya, namun kedepan dapat mendorong pertumbuhan dari sisi ekonomi kreatif dan pariwisata. (bas/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
33o
Kurs