Sabtu, 27 April 2024
Piala Gubernur Jatim

Ribuan Personel Diterjunkan Amankan Pertandingan Final Persebaya v Persija

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi, Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Polresta Sidoarjo akan menerjunkan sebanyak 7.000 lebih personel untuk mengamankan pertandingan Final Piala Gubernur Jatim yang akan mempertemukan Persebaya dengan Persija di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020) pukul 15.30 WIB.

“Kami dari kemarin sudah mempersiapkan pasukan baik dari Polri, TNI, dan instansi terkait itu 7.000 ribu personel. Itu pun nanti akan ada cadangan yang digunakan tergantung situasi,” kata Kombes Pol Sumardji Kapolresta Sidoarjo kepada Radio Suara Surabaya, Kamis pagi.

Untuk strategi pengamanan, ribuan personel tersebut akan dibagi menjadi tiga ring utama, yakni ring 1, ring 2 dan ring 3. Ring 3, yang nantinya di tempatkan di lalu lintas utama menuju stadion. Di sana, polisi akan melakukan filterisasi kendaraan menuju stadion.

“Ring 3 ini akan dipakai untuk memfilter kendaraan yang boleh lewat dan mana-mana saja yang tidak boleh dan boleh, jadi betul-betul terleminasi,” katanya.

Selain itu, pembagian ring ini juga dianggap akan memudahkan polisi untuk mendeteksi adanya kerusuhan suporter yang dapat langsung diatasi.

Dikarenakan stadion yang berdekatan dengan pintu tol Sidoarjo, pihaknya mengaku telah bekerja sama dengan Jasa Marga untuk melakukan melakukan pengalihan lalu lintas. Salah satunya dengan menutup jalur yang mengarah ke stadion jika mulai terjadi kepadatan.

“Dari kemarin sudah berkoordinasi dengan Jasa Marga kalau crowded akan kita tutup ke pintu tol Sidoarjo agar tidak mengganggu. Paling jam 12 siang nanti sudah ramai, jadi para pengendara mulai sekarang mulai mencari jalur alternatif lain,” imbuh Kombes Pol Sumardji.

Ia meminta agar para suporter yang datang dapat tertib selama mengikuti pertandingan. Karena jika terjadi kerusuhan, hal itu juga akan merugikan suporter dan tim kesayangan Persebaya Surabaya sendiri.

“Kalau pertandingan nanti ada insiden, tentu dampaknya tidak cuma aparat, tapi juga ke teman-teman Persebaya dan Bonek karena akan kesulitan cari venue berikutnya,” imbaunya.

Diketahui, pada Selasa (18/2/2020) lalu, terjadi kerusuhan saat pertandingan semifinal Piala Gubernur di Blitar, Jawa Timur antara Persebaya dan Arema FC. Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengidentifikasi pelaku kerusuhan.

Ia memperingatkan pada suporter manapun, polisi akan meningkatkan pengamanan pada pertandingan final antara Persebaya melawan Persija. Ia juga menegaskan, akan langsung mengambil langkah tegas jika ada pihak yang melanggar aturan saat pertandingan final.(tin/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs