Minggu, 5 Desember 2021

Indonesia Targetkan Lolos Divisi Utama Olimpiade Catur Daring 2020

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Simanja Nasip Farta salah satu pecatur unggulan Indonesia saat melawan Angot Cheryl pecatur Filipina yang berlangsung di GOR Cempaka Putih Jakarta, Selasa (9/10/2018). Simanja Nasip Farta berhasil meraih emas di kelas PI (tuna daksa) perorangan putri Asian Para Games 2018. Foto: Antara

Indonesia menargetkan lolos hingga divisi utama olimpiade catur daring perdana, yang digelar Federasi Catur Internasional (FIDE) bertajuk “FIDE Online Olympiad 2020”. Olimpiade ini dilaksanakan melalui situs chess.com pada 25 Juli hingga 30 Agustus.

“Kalau melihat komposisi lawan-lawan tim Indonesia di pool A, maka kalau kita mampu masuk tiga besar dan lolos ke divisi utama, itu sudah bagus dan membanggakan,” kata Utut Adianto Ketua Umum PB Percasi lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (12/8/2020) melansir Antara.

Ada 11 pecatur yang akan memperkuat Indonesia dalam turnamen tersebut. Mereka adalah Susanto Megaranto, Yoseph Theolifus Taher, Irene Kharisma Sukandar, Medina Warda Aulia, Gilbert Elroy Tarigan, Ummi Fisabilillah, Novendra Priasmoro, Chelsie Monica Sihite, Diajeng Theresa Singgih, Aditya Bagus Arfan, dan Laysa Latifah.

FIDE Online Olympiad yang menggunakan sistem catur cepat itu diikuti 163 tim dari 162 negara. Jumlah tersebut dibagi ke dalam lima divisi. Tim Indonesia mendapat tempat terhormat di Divisi Dua dan akan mulai bertanding pada 14-16 Agustus 2020 mendatang.

Divisi Dua dihuni oleh 50 negara yang dibagi lagi menjadi lima pool dengan setiap poolnya terdiri dari 10 negara. Tim Indonesia masuk ke dalam Pool A bersama Jerman, Bulgaria, Belarus, Australia, Belgia, Filipina, Bangladesh, Turkmenistan, dan Kyrgystan. (ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 5 Desember 2021
30o
Kurs