Jumat, 29 Maret 2024

Penelitian Terbaru Ungkap 10.000 Langkah Per Hari Tak Bantu Turunkan Berat Badan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Olahraga jalan kaki.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Brigham Young, Utah, Amerika ini mungkin akan mengejutkan Anda, sebab penelitian menyebutkan bahwa berjalan kaki 10.000 langkah sehari tidak benar-benar mencegah penambahan atau menyebabkan penurunan berat badan.

Dalam beberapa tahun belakangan, teori berjalan kaki 10.000 langkah sehari sangat populer sebagai kunci kesehatan dan penurunan berat badan.

Dilansir Independent oleh Antara, Kamis (17/12/2020), penelitian terbaru yang dilakukan Departemen Ilmu Olahraga bekerja sama dengan Departemen Ilmu Nutrisi, Diet, dan Ilmu Pangan, Universitas Brigham Young terhadap mahasiswa barunya mendapat temuan yang berbeda.

Sebagai bagian dari penelitian, para peneliti menganalisis 120 mahasiswa baru perempuan selama enam bulan pertama kuliah, dengan peserta diminta untuk berjalan 10.000, 12.500 atau 15.000 langkah sehari, enam kali dalam seminggu selama 24 minggu.

Selain menghitung langkah-langkahnya, para peneliti juga melacak asupan kalori dan berat badan mahasiswa tersebut.

Menurut temuan yang dipublikasikan di Journal of Obesity, jumlah langkah tidak mencegah siswa untuk menambah berat badan, bahkan hal ini juga tidak berlaku pada mereka yang berjalan 15.000 langkah sehari.

Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa pada akhir periode, para mahasiswa ini rata-rata justru mendapat kenaikan 3,5 pon atau 1,5 kg, seperti yang biasa diperoleh para mahasiswa di tahun pertamanya kuliah.

“Kurangnya penurunan berat badan antara kelompok langkah cukup mengejutkan, karena aktivitas fisik secara progresif meningkat dengan setiap rekomendasi langkah, dan aktivitas fisik meningkatkan pengeluaran energi dan mengubah keseimbangan energi,” ujar penelitian tersebut.

Dari temuan tersebut, penulis utama Bruce Bailey, profesor ilmu olahraga di BYU mengatakan bahwa olahraga saja tidak selalu menjadi cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan.

“Jika Anda menghitung jumlah langkah, mungkin bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas fisik, tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa hal itu tidak berarti mempertahankan berat badan atau mencegah penambahan berat badan,” kata Bruce.

Namun, para peneliti mencatat bahwa peningkatan jumlah langkah memberikan dampak positif secara keseluruhan pada pola aktivitas fisik, seperti mendatangkan manfaat bagi emosional dan kesehatan lainnya.

“Manfaat terbesar dari rekomendasi langkah ini adalah membuat orang keluar dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Meskipun itu tidak akan mencegah penambahan berat badan dengan sendirinya, tapi lebih banyak langkah selalu lebih baik untuk Anda,” ujar Bruce.

Penelitian sebelumnya tentang manfaat berjalan kaki 10.000 langkah sehari juga menemukan bahwa teknik ini tidak berpengaruh pada berat badan, dan olahraga berat seringkali lebih bermanfaat.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs