Jumat, 29 Maret 2024

44 Tim Akan Ramaikan Piala Soeratin U-17

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Cholid Ghoromah (jas hitam) saat Manager Meeting, Selasa (30/11/2021). Foto: Humas Asprov PSSI Jatim

Setelah setahun vakum akibat pandemi Covid-19, tahun ini gelaran Piala Soeratin U-17 Jawa Timur dipastikan kembali diputar. Sesuai rencana, kick off Piala Soeratin U-17 Jatim ini dimulai pada 17 Desember.

Kepastian itu disampaikan oleh Cholid Ghoromah, Ketua Komite Kompetisi Asprov PSSI Jatim, pada acara Manager Meeting Piala Soeratin U-17 di Hotel Quest, Surabaya, Selasa (30/11/2021).

Cholid mengatakan, meski sampai saat ini pandemi Covid-19 belum usai, PSSI Jatim merasa perlu tetap menggulirkan kompetisi tersebut supaya pembinaan di sepak bola terus berjalan.

“Saat vakum tahun lalu, pembinaan terpaksa berhenti. Pemain-pemain muda yang seharusnya sudah mulai bermunculan dan tersalurkan ke klub-klub profesional di tahun ini tidak bisa. Sekarang, mereka punya kesempatan melalui Piala Soeratin kali ini,” ujar Cholid.

Hanya saja, Cholid berpesan agar semua pihak mengedepankan protokol kesehatan, fair play dan sportivitas. Sebab, kompetisi kelompok umur rawan kasus pencurian umur.

“Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak. Orang tua dan klub harus jujur dan menjunjung tinggi nilai-nilai olahraga. Jangan hanya karena kepentingan pribadi atau kelompok, kemudian yang lain dirugikan,” tutur Cholid.

Hal senada disampaikan oleh Dyan Puspito Rini, Sekretaris Asprov PSSI Jatim. “Kami mohon dukungan semua stakeholder sepak bola Jatim untuk bersikap fairplay dan sportif serta mengedukasi ofisial dan pemainnya untuk kembali ke marwah sepak bola Indonesia,” ujarnya.

“Bahwa sebuah prestasi itu penting dan utama. Tapi lebih penting lagi adalah proses menuju ke sana tetap harus dilakukan dengan cara-cara yang baik,” tutur mantan atlet layar Jatim ini.

Baca juga: Asprov PSSI Jatim Gelar Pendantanganan Pakta Integritas Cegah Suap dan Pengaturan Skor

Selain itu, ia juga memastikan gelaran ini akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat lantaran pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Karena ini masih pandemi, dan prediksi beberapa ahli kesehatan mengatakan akan ada gelombang ketiga, maka ini juga akan menjadi perhatian khusus nanti ketika kita melaksanakan kompetisinya,” papar Dyan Puspito Rini.

Pada Piala Soeratin U-17 PSSI Jatim 2021/2022 kali ini ada 44 tim yang dipastikan ambil bagian. Mereka dibagi dalam 8 grup yang tersebar di delapan titik. Di fase grup ini, hanya juara dan runner-up yang berhak melaju ke babak 16 besar.

Hanya saja sampai saat ini baru tujuh klub yang mengajukan diri menjadi tuan rumah. Artinya, Asprov PSSI Jatim masih mencari satu klub lainnya yang bersedia menjadi tuan rumah.

“Kami masih menunggu pengajuan tuan rumah di Grup F saja. Sambil jalan, pasti sudah dapat tuan rumah grup ini,” ujar Dyan Puspito Rini.

Adapun tujuh yang sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Soeratin U-17 Jawa Timur terdiri dari Bhayangkara FC (Grup A), Persekam Metro FC (Grup B), Gresik United (Grup C), Persekap Kota Pasuruan (Grup D), Persedikab Kediri (Grup E), Blitar Poetra (Grup G), dan Banyuwangi Putra (Grup H).

Berikut pembagian grup Piala Soeratin U-17 PSSI Jatim 2021/2022:

Grup A
Bhayangkara FC
Perseba Bangkalan
Kanjuruhan FC
Akor FC Jombang
Persegres Putra
AFA Syailendra

Grup B
Perskap Metro FC
Persema Malang
Mitra Bola Utama
Mojokerto FC
Suryanaga Connection
Assyabaab Bangil

Grup C
Gresik United
Persebaya Surabaya
Bojonegoro FC
PSBI Blitar
Singhasari FC

Grup D
Persekap Kota Pasuruan
Arema FC
Persewangi Banyuwangi
Persida Sidoarjo
Maestro FC

Grup E
Persedikab Kediri
Persiga Trenggalek
Persenga Nganjuk
Arema Indonesia
Arek Suroboyo
AC Majapahit

Grup F
Persinga Ngawi
Persela Lamongan
Nganjuk Ladang
Swis FC
Asifa Malang
Persemag Magetan

Grup G
Blitar Poetra
Persikoba Batu
Malang United
Naga Emas Asri
Bajul Ijo Surabaya

Grup H
Banyuwangi Putra
Persid Jember
Persebo Muda Bojonegoro
Persikapro Probolinggo
Kresna FC.(bud/dfn/ipg)

Baca juga: Komdis PSSI Jatim Jatuhkan Sanksi kepada Mafia Pengatur Skor Liga 3

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs