Jumat, 19 April 2024

Akhiri Seremoni Pembukaan PON XX, “Torang Bisa” Menggema di Bumi Cenderawasih

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Lagu tema Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berjudul "Torang Bisa" yang dinyanyikan artis lokal baru potensial, Vien Mangku, menutup pembukaan pesta olahraga multi cabang ini di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021) malam WIT. Foto: Youtube/Sekretariat Presiden

Lagu tema Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berjudul “Torang Bisa” yang dinyanyikan artis lokal baru potensial, Vien Mangku, menutup pembukaan pesta olahraga multi cabang ini di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu (2/10/2021) malam WIT.

Lagu resmi yang berjudul sama dengan tagline PON XX “Torang Bisa” atau berarti “Kita Bisa” tersebut diciptakan oleh Hebat Fatahillah.

Saat lagu dinyanyikan, juga ditampilkan pertunjukan spektakuler kembang api di penghujung acara dari atap stadion.

Lagu “Torang Bisa” bermakna sangat dalam. Dari setiap liriknya menggambarkan semangat dari Tanah Papua. Lokasinya yang berada paling timur, menjadi daerah paling awal menyambut matahari terbit. Dari situ maknanya akan terbit pula semangat yang tak pernah habis.

Liriknya juga menceritakan empat hal yang tercermin dalam semangat para atlet di Papua, yaitu menjaga persatuan bangsa, menanamkan jiwa sportivitas, menyatukan perbedaan, dan saling bersatu menjadi juara.

Selain itu, “Torang Bisa” juga menjadi ungkapan atas isu kesetaraan yang menjadi perhatian seluruh masyarakat Indonesia.

Menariknya, “Torang Bisa” juga menyelipkan beberapa bait rap di pertengahan lagu.

“Berlari melaju jadi nomor satu, Semangat juara Garuda di dadaku, Berada di ujung Timur Indonesia ku, Tak pedulikan walau berbeda-beda suku…,” penggalan bait rap dalam lagu tersebut seperti yang dilansir Antara.

Vien yang merupakan penyanyi muda berusia 25 tahun itu tampil tepat setelah Boaz Salossa Pesepak bola Nasional asal Papua menyalakan api kaldron.

Para tamu kehormatan dari pejabat pusat maupun daerah, serta penonton dan ratusan atlet perwakilan kontingen asal 34 provinsi juga larut dalam nyanyian penyanyi asal Kaimana, Papua Barat itu.

Di pertengahan acara, Vien juga sempat tampil dan berkolaborasi membawakan beberapa lagu dengan Ruth Sahanaya, Tulus dan Albert Fakdawer serta Papua Original Band.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs