Jumat, 19 April 2024

Egy Maulana Mengubah Alur Permainan Timnas Meski Akhirnya Kalah oleh Afghanistan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
egy-maulana-vikri-indonesia-vs-afghanistan Pemain tim nasional Indonesia Egy Maulana Vikri menggiring bola dalam latihan skuad Garuda di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (19/5/2021). Foto: Antara

Egy Maulana Vikri gelandang serang Timnas Indonesia mainkan peran supersub alias pemain pengganti yang mengubah alur permainan dalam laga uji coba Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Afghanistan di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa waktu setempat (Rabu WIB), meskipun tim nasional Indonesia pada akhirnya kalah 2-3.

Egy mengawali pertandingan dari bangku cadangan dan masuk di awal-awal babak kedua menggantikan Braif Fatari yang belum sampai 10 menit merumput tapi harus segera ditarik keluar lagi.

Baru masuk lapangan beberapa saat, Egy mampu memecah kebuntuan Skuad Garuda dengan memanfaatkan umpan kiriman Kushedya Yudo demi memperkecil ketertinggalan pada menit ke-59. Demikian dikutip Antara dari laman resmi PSSI, Rabu (26/5/2021).

Itu merupakan gol pertama gelandang klub Polandia Lechia Gdansk itu di level timnas senior sejak melakoni debutnya pada Desember 2017 silam.

Lima menit sesudahnya, dia kembali memainkan peranan penting ketika umpan tendangan bebasnya berhasil diselesaikan oleh Adam Alis untuk membuat Indonesia kembali memperkecil ketertinggalan 2-3.

Meski Indonesia kalah 2-3 dari Afghanistan di pengujung laga, kontribusi positif satu gol dan satu assist yang dibukukan Egy tentu memberi opsi bagi Shin Tae-yong untuk menemukan formula terbaiknya.

Shin tampaknya masih mencari-cari komposisi ideal dalam laga debutnya di timnas senior dengan memberi banyak pemain kesempatan melakoni debut lewat susunan awal laga kontra Afghanistan.

Besar kemungkinan Shin akan melanjutkan eksperimennya ketika Indonesia menghadapi Oman dalam pertandingan uji coba berikutnya, Sabtu (29/5/2021).

Kedua laga uji coba menjadi persiapan bagi Indonesia menyongsong tiga pertandingan sisa dalam Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di UEA.

Anak-anak asuh Shin akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021, diikuti Vietnam dan tuan rumah UEA tiap empat hari berselang.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs