Selasa, 19 Maret 2024

Indonesia Kalah 0-4 dari Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Chanatip Songkrasin (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). Foto: Antara

Tim nasional Indonesia kalah dengan skor 0-4 dari Thailand pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam.

Dua dari empat gol Thailand dijaringkan oleh Chanathip Songkrasin dan sisanya disumbangkan Supachok Sarachart serta Bordin Phala.

Hasil tersebut membuat Indonesia harus memenangkan pertandingan pada leg kedua dengan selisih minimal lima gol, untuk menjadi juara. Pertandingan Leg kedua digelar pada Sabtu (1/1/2021) di Stadion Nasional, Singapura.

Pada laga itu, Indonesia berada dalam tekanan Thailand nyaris sepanjang laga. Skuad “Gajah Perang” tak membiarkan timnas Indonesia nyaman dengan bola.

Aliran serangan Thailand berujung pada gol cepar tepatnya pada menit kedua melalui sepakan kaki kiri Chanathip Songkrasin. Chanathip memanfaatkan umpan Philip Roller yang meliuk-liuk melewati bek Indonesia dari sisi kanan.

Setelah itu, intensitas gelombang tekanan Thailand tak juga menurun dan membuat bek-bek Indonesia berjibaku di wilayahnya.

Asnawi Mangkualam melakukan penyelamatan tepat di garis gawang pada menit ke-14 dari tendangan Bordin Phala.

Bek Indonesia Alfeandra Dewangga sempat mendapatkan peluang bersih pada menit ke-41. Namun, meski berada tanpa pengawalan di depan gawang Thailand, bola sepakan Alfeandra melambung.

Pada menit ke-45+2, Nadeo Argawinata tampil heroik dengan menepis tendangan melengkung Bordin Phala dan membuat skor 0-1 bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Tujuh menit babak kedua dimulai, Thailand menggandakan kedudukan berkat gol Chanathip Songkrasin yang memanfaatkan assist Supachok Sarachart.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, yang usai jeda memasukkan Elkan Baggott dan Evan Dimas, meminta nama baru lain yaitu Egy Maulana untuk merumput menggantikan Ricky Kambuaya demi menambah daya gedor.

Akan tetapi, Thailand justru melesakkan gol ketiga pada menit ke-67, kali ini melalui sepakan Supachok Sarachart yang mengonversi operan Philip Roller.

Keunggulan “Gajah Perang” semakin melebar pada menit ke-83 setelah Bordin Phala membuat gol keempat timnya begitu menerima assist Worachit Kanitsribumphen.

Tak ada gol lain tercipta setelahnya. Skor 4-0 untuk kemenangan Thailand bertahan sampai pertandingan tuntas.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti yang dilansir Antara.

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Moh. Edo Febriansyah (46′, Evan Dimas), Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto (46′, Elkan Bagott), Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto (46′, Kadek Agung), Ricky Kambuaya (63′, Egy Maulana), Witan Sulaeman, Irfan Jaya (73′, Ramai Rumakiek), Dedik Setiawan.

Thailand: Siwarak Tedsungnoen-pg (73′, Kawin Thamsatchanan), Yusef Dolah (39′, Pokklaw Anan), Philip Roler, Tristan Do, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphun, Bordin Phala, Phitiwat Sookjitthammakul, Supachok Sarachat, Chanathip Songkrasin (kapten, 75′, Worachit Kanitsribumphen), Teerasil Dangda.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
31o
Kurs