Jumat, 26 April 2024

Ini Alasan Pemerintah China Melarang Pemain Sepak Bola Bertato

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Zhang Linpeng bek internasional yang sebelumnya diminta menutupi tatonya saat tampil membela timnas dan klub Guangzhou FC. Foto: Reuters

Otoritas Olahraga China (GAS) melarang pemain sepak bola membuat tato dan memerintahkan semua pemain tim nasional yang sudah di tato untuk menghapus atau menutupinya. Ini dilakukan untuk memberi teladan kepada masyarakat.

Larangan ini akan menambah panjang daftar pemain terkenal China yang bertato, termasuk Zhang Linpeng bek internasional yang sebelumnya diminta menutupinya saat tampil membela timnas dan klub Guangzhou FC.

GAS mengatakan, Asosiasi Sepak Bola China akan menetapkan persyaratan disiplin untuk pemain tim nasional.

“Tim nasional semua tingkatan akan secara ketat menerapkan syarat-syarat relevan aturan manajemen (dan) sepenuhnya menunjukkan semangat positif pemain sepak bola China dan memberikan teladan yang baik kepada masyarakat,” kata GAS seperti dikutip Antara dari Reuters, Jumat (31/12/2021).

“Tim nasional dan atlet tim nasional U23 dilarang keras memiliki tato baru, dan mereka yang sudah memiliki tato dianjurkan menghapusnya. Dan jika ada keadaan khusus yang disepakati oleh tim, maka (pemain) harus menutupi tato selama latihan dan bertanding,” papar GAS.

GAS juga menegaskan tim U-20 dan di bawahnya dilarang keras merekrut pemain bertato.

GAS menambahkan, tim nasional harus membuat kegiatan pendidikan ideologis dan politik yang memperkuat patriotisme pemain.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs