Kamis, 18 April 2024

Jadi Klaster di Olimpiade, Tim Renang Artistik Yunani Diisolasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Evangelia Papazoglou dan Evangelia Platanioti dari Yunani bersaing pada hari Senin (2/8/2021) di babak penyisihan untuk acara renang artistik bebas duet di Olimpiade Tokyo. Foto: Alexander Safonov/Anadolu Agency via Getty Images

Seluruh 12 anggota tim renang artistik Yunani berada dalam isolasi setelah lima atlet hasil tesnya positif virus corona dalam klaster pertama yang terdeteksi di Olimpiade, Rabu (4/8/2021) sebagaimana disiarkan AFP yang dilansir Antara.

Masa Takaya juru bicara Tokyo 2020 mengatakan, tim tersebut telah ditarik dari kompetisi dan ketujuh anggota sisanya dipindah ke fasilitas karantina bagi yang kontak erat dengan kasus positif.

Sejauh ini, dari kelima atlet yang positif Covid-19, tidak seorang pun yang membutuhkan perawatan rumah sakit.

Tim renang artistik Yunani akhirnya tidak berpartisipasi dalam kompetisi duet pada Selasa (3/8/2021), dan sekarang sudah mengundurkan diri dari kompetisi beregu.

“Sungguh menyakitkan bagi kami membayangkan perasaan para atlet yang telah melakukan banyak hal untuk mempersiapkan Olimpiade dan datang jauh-jauh ke Tokyo dalam situasi sulit ini,” kata Takaya dalam briefing.

“Kami berdoa untuk pemulihan mereka dengan cepat,” kata Takaya, menambahkan bahwa ini adalah “klaster” pertama yang ditemukan di Olimpiade.

Sejauh ini, Tokyo 2020 telah melaporkan 322 kasus positif virus di antara para “Pemangku kepentingan” termasuk atlet, ofisial, dan media. Sebagian besar kasus positif terjadi di antara penduduk Jepang yang bekerja sebagai karyawan atau kontraktor.

Ditunda selama setahun karena virus, Olimpiade diselenggarakan di bawah aturan anti-infeksi yang ketat. Tokyo sendiri berada di bawah status darurat virus dan telah mencatat rekor jumlah infeksi dalam beberapa hari terakhir, demikian AFP.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs