Kamis, 25 April 2024

Jelang Piala Eropa, Mola TV Ingatkan Nobar Tanpa Kerja Sama Langgar Hak Cipta

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sosialisasi yang dilakukan Mola TV untuk mencegah terjadinya pelanggaran hak Cipta, Kamis (27/5/2021). Foto: Istimewa

Menyambut Piala Eropa (UEFA EURO) yang akan diikuti tayangan berbagai pertandingan sepak bola, Mola TV mengingatkan, perhelatan nonton bareng (nobar) yang berkaitan komersial tanpa adanya kerja sama resmi dengan Mola sebagai pemegang lisensi akan melanggar hak cipta.

Mola TV (PT Global Media Visual) merupakan pemegang lisensi tunggal tayangan pertandingan sepak bola di antaranya UEFA EURO 2020, Kualifikasi UEFA EURO 2020, Kualifikasi FIFA WORLD CUP 2022, dan UEFA Nations League 2018/2019/2020/2021.

Lisensi itu melingkupi 51 pertandingan UEFA EURO 2020 secara lengkap sampai final untuk platform Over the Top (OTT) dan kegiatan nonton bareng (public viewing) di area publik/komersial.

Karena itu Mola TV mengingatkan khalayak umum dan pelaku usaha area publik atau komersial dan sejenisnya lebih dulu secara resmi bekerja sama dengan Mola TV sebelum menggelar nobar.

Nobar, baik di lobi hotel/lounge, apartemen, café, kantin, restoran, cinema/bioskop, ruang karaoke, mall, area publik lain seperti ruang pertemuan, lapangan terbuka, dan lain-lain.

Ada sanksi pidana berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang bisa dikenakan kepada pelaku. Mola akan aktif memantau baik secara daring (online) maupun luring (offline).

Dalam pemantauan itu, Mola akan menggandeng kuasa hukum dan pihak berwajib sehingga ketika menemukan adanya pelanggaran mereka bisa segera melakukan penindakan di lokasi (OTT).

Mola TV pun mengingatkan kembali supaya tidak melanggar hak cipta, perlu ada kerja sama resmi dengan Mola. Caranya dengan menghubungi partner resmi Mola TV yang memang bertugas melayani keperluan itu.

Mola TV telah menunjuk PT Mitra Media Integrasi (MIX) untuk melayani proses registrasi dan kerja sama untuk penayangan UEFA EURO Package 2018-2022, melalui email maupun telepon.

“Bagi Venue atau usaha komersil yang sudah registrasi hendak menyelenggarakan program ini, kami akan memastikan, penyelenggaraan sudah sesuai ketentuan ll dalam program Mola Live. Semua venue yang teregistrasi bisa dilihat di website molalive.com,” ujar Bobby Christoffer COO MIX.

Dia berharap pihak-pihak terkait tidak mencoba melakukan pelanggaran Hak Cipta atas tayangan UEFA EURO Package 2018-2022, karena sanksi hukum dan penaltinya cukup berat sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.(den/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs