Sabtu, 20 April 2024

Kalahkan Jabar 2-0, Jatim Lolos sebagai Juara Grup E

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Mohammad Krisna Septiawan pesepak bola Jawa Timur melakukan selebrasi usai membobol gawang tim Jawa Barat pada babak enam besar Sepak Bola Putra PON Papua di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (10/10/2021). Foto: Antara/Zabur Karuru

Tim sepak bola putra Jawa Timur berhasil melaju ke babak semifinal PON 2021 Papua setelah mengalahkan tim juara bertahan Jawa Barat dengan skor 2-0 (0-0) di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, Minggu (10/10/2021).

Kedua gol Jawa Timur di laga terakhir Grup E babak 6 besar itu dicetak oleh Mohammad Krisna Septiawan (menit ke-50) dan Muhamad Faisol Yunus (menit ke-83).

Seperti dilansir Antara, pada babak pertama, Jawa Barat mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu karena dituntut meraih kemenangan dalam laga ini untuk bisa lolos ke semifinal.

Meski menekan, ternyata Jawa Timur yang mempunyai peluang lebih dulu ketika gelandang Dwiki Mardiyanto melepaskan sepakan yang masih membentur mistar gawang Jabar.

Setelah peluang itu terjadi, Jatim lebih leluasa mengendalikan permainan dan kerap melakukan ancaman ke gawang Jabar. Tapi tidak ada yang membuahkan hasil.

Jatim berhasil membuat peluang ketika tendangan gelandang Rezky Renaldi El Has masih bisa ditahan oleh kiper Jabar Ade Candra Sena.

Dwiki Mardiyanto lagi-lagi memberikan ancaman ke gawang Jabar namun tendangannya masih bisa diamankan oleh kiper Jawa Barat.

Jatim kembali menebar ancaman ketika penyerang Rizky Dwi Pangestu berhasil melepaskan tendangan ke gawang Jabar namun masih bisa ditepis oleh kiper Ade Candra Sena.

Meski tampil dominan di sisa waktu, Jatim belum bisa mencetak gol hingga berakhirnya babak pertama yang berakhir imbang 0-0.

Di awal babak kedua, Jabar kembali mengambil inisiatif dan berhasil membuahkan peluang emas ketika Ilham Qolba dilanggar di kotak penalti Jatim.

Pian Hadiansyah yang maju sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya setelah tendangan penaltinya masih bisa dihalau oleh kiper Eko Saputro.

Jawa Timur berhasil unggul lebih pada menit 50 melalui pemain pengganti gelandang Muhammad Krisna Septiawan yang berhasil melewati kawalan bek Jabar dan melesakkan tendangan ke sisi kanan gawang Jabar sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Jabar sempat memiliki peluang emas ketika penyerang Arsan Makarin Alhaq berhasil melepaskan tendangan di dalam kotak penalti Jatim namun masih menyamping di sisi kiri gawang.

Tampil dominan, Jawa Timur berhasil menambah keunggulan melalui sepakan terukur ke sisi kanan gawang Jabar yang dilesakkan oleh penyerang pengganti Muhamad Faisol Yunus yang mengubah skor menjadi 2-0 di menit ke-83.

Jawa Timur tetap lebih dominan di sisa waktu pertandingan namun skor 2-0 tetap bertahan dan memastikan Jabar gagal lolos ke babak semifinal untuk mempertahankan gelar juara PON Jabar 2016.

Pada pertandingan semifinal, Jatim yang juara Grup E, akan bertemu Aceh yang menjadi runner-up Grup D.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs