Kamis, 20 Januari 2022

Khofifah Dinobatkan Jadi “Ibu’e Arek Selam” Jawa Timur

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat menghadiri Kejurnas Selam Finswimming Piala Gubernur Jatim, Sabtu (4/12/2021). Foto: Istimewa

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mendapat gelar baru. Dia baru saja dinobatkan sebagai Ibu’e Arek Selam Jawa Timur.

Gelar itu merupakan bentuk apresiasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim atas segala perhatian Khofifah dalam pengembangan cabor selam di Jawa Timur.

Sabtu (4/12/2021) kemarin, secara khusus Khofifah hadir di Kejurnas Selam Piala Gubernur Jatim di Kolam Renang Dispora Jatim.

Kehadiran Khofifah mendapat sambutan antusias dari para atlet dan juga para pengurus POSSI dari kabupaten/kota maupun Provinsi.

Bahkan dalam penyambutannya, para atlet, orang tua para atlet, dan juga pengurus yang hadir mengenakan kaos seragam yang bergambar Khofifah.

Tertulis ‘Ibu’e Arek Selam Jatim’ di kaos itu. Kaos itu pun menjadi simbol pengukuhan Khofifah sebagai ibu bagi para pegiat olahraga selam di Jatim.

Respons positif atas kehadiran Khofifah juga datang dari para pengurus POSSI. Mereka mengaku bangga bertemu langsung dengan Khofifah.

Terlebih, saat hadir di kerjunas Piala Gubernur itu, Khofifah berkesempatan khusus menyerukan aba-aba start tanda dimulainya perlombaan.

“Bu Khofifah panjenengan kuereen pakai banget, benar-benar ibuk’e Arek Selam Jawa Timur, saya merinding mendengar suara panjenengan saat aba-aba start,” kata Ana Pancawati Pengurus POSSI Tulungagung.

Begitu juga Muhammad Munir Ketua POSSI Kabupaten Pasuruan dan Yusuf Widodo Ketua POSSI Banyuwangi yang bangga gubernur bisa menghadiri Kejurnas.

“Kami sangat bangga punya gubernur yang mendukung penuh selam Jatim, terima kasih atas kehadiran dan semangat untuk atlet selam kami, Bu Khofifah. Ibu’e arek selam Jatim,” kata Munir.

Sementara Supriyono, Ketua POSSI Kediri dan Gaguk Sekretaris POSSI Jombang berharap, kehadiran Khofifah di Kejurnas bisa memacu semangat para atlet.

“Saya bangga ibu gubernur bisa hadir dan membuka maupun menyapa atlet selam dari seluruh Nusantara yang mengikuti kejuaraan ini,” katanya.

Khofifah dalam wawancara dengan awak media mengatakan, pihaknya pun mengapresiasi penobatan dirinya sebagai Ibu’e Arek Selam Jatim.

Da mengatakan pembinaan bagi atlet usia dini sangat penting. Dari hasil pembinaan itu akan lahir atlet-atlet selam berprestasi yang akan mengharumkan nama Provinsi Jatim maupun Indonesia.

“Terima kasih atas segala apresiasinya. Teruntuk seluruh atlet yang bertanding, pesan saya, kalah menang hanya soal angka. Yang penting junjung terus sportivitas di setiap pertandingan. Semangat Juara!” katannya.

Seperti diketahui, Kejurnas Selam Finswimming Piala Gubernur Jawa Timur 2021 resmi digelar 3-5 Desember 2021 di Kolam Renang Pemprov Jatim Surabaya.

Sebanyak 801 atlet dari 54 Kabupaten/Kota dari 13 Provinsi akan beradu ketangkasan dalam berenang dan menyelam.

Di sisi lain, Mirza Muttaqin Ketua Pengurus Provinsi POSSI Jatim menjelaskan, pandemi Covid 19 membuat Pemprov meniadakan kejurnas selam. Setelah mereda even itu kembali digelar.

“Situasi pandemi Covid 19 sudah agak mereda. Setelah dua tahun tak ada even, antusiasme peserta dari berbagai provinsi luar biasa,” ujar Mirza.

Mengenai penobatan gelar Ibu’e Arek Selam Jatim, Mirza mengatakan hal itu adalah inisiatif masing-masing pihak yang memang ingin menyampaikan apresiasi untuk Gubernur Khofifah.

“Itu adalah bentuk apresiasi dari kami semua pegiat olahraga selam Jatim untuk Bu Gubernur yang sudah banyak memberikan perhatian yang luar biasa, salah satunya Juara Umum pada PON XX Papua dengan 13 Medali Emas,” katanya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Kamis, 20 Januari 2022
29o
Kurs