Jumat, 29 Maret 2024

Mat Halil, Legenda Persebaya yang Bikin SSB untuk Mentransfer Ilmu Sepak Bola

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Usai pensiun, Matt Halil Legenda Persebaya jadi pelatih di Sekolah Sepak Bola El Faza FC. Foto : Istimewa

Mat Halil Mantan Pemain Persebaya Surabaya yang menjadi legenda hidup memutuskan melanjutkan karir sebagai pelatih sekolah sepak bola (SSB) usai pensiun dari sepak bola.

Pria kelahiran Surabaya tahun 1979 ini telah membela Persebaya sejak musim 1999. Kini setelah tak lagi bermain di Persebaya, Mat Halil memilih membagikan ilmunya dengan mendirikan sekolah sepak bola (SSB).

El Faza FC yang didirikan Mat Halil bersama mendiang ayahnya pada 2012 silam. Melalui SSB ini, selain dapat mentransfer ilmunya, Mat Halil juga dapat mewujudkan impian mendiang sang ayah.

“Almarhum ayah kan sangat suka sepak bola dan ingin nantinya dari Surabaya ini lahir bibit-bibit baru. Ya sudah saya ajak ayah mendirikan SSB. Kan lebih baik mengelola SSB sendiri daripada harus mengelola punya orang lain,” jelas Mat Halil.

Meski tak lagi bisa bersama sang ayah untuk mengelola El Faza FC, namun Halil tak patah arang. Pria yang kini didapuk sebagai pelatih Elite Pro Academy (EPA) Persebaya ini tetap bersemangat melatih anak didiknya yang tergabung dalam El Faza FC.

Tercatat ada sebanyak 100-an anak usia 7 hingga 18 tahun bergabung dengan SSB yang bermarkas di kawasan Ketintang ini.

Anak didik Mat Halil di SSB El Faza FC akan menjalani latihan tiga kali dalam seminggu. Mat Halil juga mendaftarkan El Faza FC dalam kompetisi internal Persebaya.

Untuk memotivasi anak didiknya, Halil kerap mendatangkan para pemain profesional. Pesepak bola profesional itu diundang Halil untuk memberikan coaching clinic kepada anak didiknya.

“Harapannya dengan kehadiran pemain profesional ini bisa memotivasi anak-anak agar lebih giat berlatih,” paparnya.

Diakui Halil Surabaya memiliki bibit pesepakbola yang potensial. “Ada banyak bibit-bibit potensial di Surabaya. SSB juga banyak. Jadi Surabaya punya peluang untuk melahirkan banyak pemain profesional berprestasi , tinggal bagaimana memolesnya,” katanya. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs