Jumat, 26 April 2024

Panitia Sofbol Hanya Izinkan Penonton yang Berkartu Identitas Resmi PON XX

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
Suasana pertemuan teknis panitia pelaksana cabang olahraga softbol PON XX Papua di Stadion Agus Kafiar Univ Cendrawasih, Jayapura, Papua. Dok. Antara

Technical Delegate (TD) Sofbol PON XX menegaskan, pihaknya hanya mengizinkan penonton yang memiliki kartu identitas (ID card) resmi dari Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua.

Karena itu, Ardiansyah Abidin TD Sofbol mengatakan, jika tidak memiliki ID card resmi, tidak bisa masuk ke arena tribun penonton.

“Kondisi arena pertandingan terlalu terbuka, dan hal ini menjadi sedikit kendala,” kata Ardiansyah di Jayapura, seperti dikutip Antara, Rabu (22/9/2021).

“Yang tidak memiliki ID card, diminta membawa hasil tes antigen untuk dapat masuk ke arena tribun penonton,” tambah Ardiansyah.

Sofbol dan bisbol, cabang olahraga pertama yang akan dipertandingkan di PON XX Papua.

Pertandingan pembuka kedua cabang itu digelar di lapangan sofbol Universitas Cenderawasih, dan dibuka secara seremonial oleh Benhur Tomi Mano, Wali Kota Jayapura, serta diikuti dengan pelemparan bola dan pemukulan bola pertama oleh Marciano Norman Ketua KONI Pusat.

Setelah acara pembuka, laga pertama cabang olahraga sofbol putra mempertandingkan antara tim Lampung dengan tim Sulawesi Tenggara.

Pembukaan pertandingan itu juga dihadiri oleh Suwarno Ketua Panwasrah, Yunus Wonda Ketua Harian PB PON XX Papua, Apolo Safanpo Rektor Uncen, Abisay Rollo Ketua DPRD Kota Jayapura dan Jan Jap Ormuseray Ketua Pengprov Perbasasi Papua.

Cabang olahraga ini memperebutkan tiga medali emas, tiga medali perak dan tiga medali perunggu, untuk masing-masing cabang bisbol, sofbol putra dan sofbol putri.

Pertandingan bisbol dilakukan pada 23 September-3 Oktober 2021, di lapangan bisbol Uncen Kota Jayapura dan Lapangan Auri, Kabupaten Jayapura.

Kemudian cabang olahraga sofbol putra, digelar pada 22 September-3 Oktober 2021, di Lapangan Sofbol Uncen (babak penyisihan) dan di Lapangan Sofbol Auri untuk page system dan laga final. Sedangkan sofbol putri akan dimainkan pada 4-11 Oktober 2021 di Lapangan Auri, Kabupaten Jayapura.

Peserta bisbol diikuti oleh tujuh provinsi, yaitu Papua, DKI Jakarta, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Sementara sofbol putra diikuti oleh tujuh peserta, yaitu Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Tenggara, Lampung dan Kalimantan Timur (mengundurkan diri). Sedangkan sofbol putri diikuti tujuh peserta, di antaranya Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Jawa barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Sistem pertandingan yang digunakan untuk cabang olahraga bisbol, yakni babak pendahuluan dengan sistem setengah kompetisi (single round robbin), dilanjutkan dengan babak empat besar (super round) dan grand final.

Sedangkan untuk cabang olahraga sofbol, babak pendahuluan menggunakan sistem setengah kompetisi (single round robbin), lalu dilanjutkan dengan babak empat besar (page system) dan grand final. (ant/cus/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs