Selasa, 19 Maret 2024

PASI: Luhut Punya Pengalaman dan Daya Diplomasi Ulung

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Foto: Dokumentasi Kemenko Kemaritiman

Munculnya nama Luhut Binsar Pandjaitan sebagai kandidat tunggal calon ketua umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menjelang Kongres PASI 2021 yang akan digelar Senin (25/1/2021), mendapat dukungan penuh dari induk organisasi atletik nasional.

Mereka menilai, figur Luhut mempunyai pengalaman kepengurusan olahraga dan diplomasi yang baik.

“Luhut dinilai cocok memimpin PB PASI. Selain memiliki pengalaman memimpin organisasi olahraga yaitu FORKI, ia juga punya kemampuan diplomasi yang sangat baik, sehingga memungkinkan untuk menjalin kerja sama dengan negara lain dalam meningkatkan kualitas atletik Indonesia,” kata Tigor Tanjung Sekjen PB PASI dalam keterangan resminya, dilansir Antara, Minggu (24/1/2021).

Sebelum Luhut menjadi calon tunggal, PB PASI sudah melakukan pendekatan pada sejumlah sosok yang dinilai cocok memimpin organisasi. Tapi akhirnya hanya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi yang menyatakan keseriusannya untuk menjadi Ketua Umum PB PASI.

“Jadi, kami meminang beliau untuk memimpin PB PASI,” ujar Tigor menceritakan.

Menjelang penyelenggaraan kongres, Tigor memastikan seluruh Pengprov PASI telah menyatakan dukungan penuh kepada Luhut untuk memimpin PB PASI.

Hingga Jumat, dari 34 pengprov, baru 31 yang menyatakan dukungannya kepada Luhut. Namun sekarang dukungan penuh dari seluruh pengprov sudah dilayangkan ke PB PASI untuk memilih Menko Luhut menjadi ketua umum periode 2021-2025.

“Sehingga dipastikan dalam Kongres nanti, pemilihan ketua umum akan berlangsung secara musyawarah mufakat atau secara aklamasi,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, sepeninggal Mohamad Bob Hasan sebagai ketua umum, yang meninggal pada 31 Maret 2020, PB PASI dipimpin oleh Plt ketua Umum Zacky Anwar Makarim.

Kongres yang semula direncanakan pada Desember 2020 ini, bakal berlangsung secara virtual untuk mencegah penyebaran virus corona dan memenuhi protokol kesehatan.

Umarsono Ketua Panitia Penyelenggara Kongres PASI 2021 menyebutkan hingga sepekan sebelum penyelenggaraan, seluruh pengprov PASI dan satu anggota luar biasa telah menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam kongres.

Selain memilih ketua umum, kongres yang akan dibuka oleh Ketua KONI Marciano Norman ini juga mengagendakan pertanggungjawaban pengurus PB PASI periode 2016-2020. (ant/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
35o
Kurs