Jumat, 19 April 2024

Pelatih Persib Ungkap Tantangan Bermain Tanpa Suporter di Liga 1 Indonesia

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Robert Rene Alberts Pelatih Persib Bandung. Foto: Persib.co.id

Robert Rene Alberts Pelatih Persib Bandung mengungkapkan absennya para suporter akan menjadi tantangan tersendiri bagi Pangeran Biru dalam menghadapi Liga 1 2021 yang bakal digelar di stadion tertutup.

“Ini (Liga) akan sulit untuk diprediksi. Anda bisa melihat Liga Primer Inggris digelar tanpa penonton dan tim menjalani masa persiapan yang berbeda-beda karena berlangsung di tengah pandemi,” katanya, dikutip Antara dari laman resmi klub, Rabu (11/8/2021).

Menurut dia, ketidakhadiran penonton di stadion akan sangat memengaruhi penampilan tim, termasuk anak asuhnya, dan hasil pertandingan.

“Indonesia juga mengalami hal yang sama. Anda bisa melihat, ini mempengaruhi tim dan hasilnya,” kata pelatih asal Belanda itu.

Robert menyebutkan bahwa dukungan langsung yang diberikan Bobotoh terhadap tim kebanggaannya memiliki peran besar.

Sebab, kata dia, kehadiran suporter di stadion akan memompa semangat para pemain di atas lapangan.

Meski demikian, pelatih berusia 66 itu memahami kondisi yang dihadapi di tengah pandemi sehingga tidak mungkin dipaksakan pada musim ini.

“Klub biasanya tampil tak terkalahkan saat bermain di kandang. Tiba-tiba, klub kehilangan dukungan para suporter, pemain ke-12, dan mulai mendapatkan hasil buruk,” jelasnya.

Yang jelas, kata Robert, laga tanpa penonton bakal memberikan perbedaan besar terhadap performa pemain yang terjadi di semua klub sepak bola.

“Ini adalah sebuah perbedaan besar yang tidak hanya terjadi di Inggris, tapi juga banyak klub Eropa lainnya,” pungkas Robert.

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) telah mengumumkan secara resmi bahwa kompetisi sepak bola Liga 1 bergulir pada 27 Agustus atau mundur satu pekan dari yang dijadwalkan sebelumnya, yakni 20 Agustus 2021.

Penetapan tanggal tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polri dan BNPB/Satgas Penanganan Covid-19.

Selain jadwal yang mundur, gelaran Liga 1 2021 juga dipastikan bakal berlangsung tanpa kehadiran penonton di stadion.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs