Rabu, 27 Oktober 2021

Penonton World Superbike di Sirkuit Mandalika Dibatasi Maksimal 25 Ribu Orang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Foto udara pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021). Foto: Antara

Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian mengungkapkan, Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Nusa Tenggara Barat (NTB), akan menjadi lokasi balap motor World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di event olahraga internasional itu, Pemerintah Indonesia pun menerapkan sejumlah strategi mitigasi.

Di antaranya, membatasi jumlah penonton 25 ribu orang, dari kapasitas maksimal 195 ribu orang. Dengan catatan, orang yang boleh menonton langsung di area sirkuit sudah menerima dua kali suntikan vaksin Covid-19.

“Telah diputuskan, jumlah penonton 25 ribu orang, dengan syarat dua dosis sudah divaksin lengkap,” ujarnya dalam keterangan pers virtual, sore hari ini, Senin (11/10/2021), di Jakarta.

Kemudian, kru dan anggota tim peserta Superbike harus menjalani karantina selama lima hari.

Penyelenggara balapan (WSBK), akan membentuk satgas protokol kesehatan yang bertugas melakukan pengawasan pada waktu acara berlangsung.

Selain itu, Satgas bersama TNI dan Polri akan melakukan operasi pembagian masker gratis untuk orang-orang yang ada di area Sirkuit Mandalika.

“Nanti Pak Menteri Dalam Negeri akan menerbitkan Instruksi Mendagri terkait detail teknis penyelenggaraan WSBK,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menko Perekonomian menyebut, pemerintah akan mempercepat pencapaian target vaksinasi Penduduk Lombok Tengah, minimal 50 persen mendapatkan suntikan dosis kedua.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, masyarakat sekitar Sirkuit Mandalika sudah 75,31 persen yang menerima vaksin dosis pertama, dan baru 13,55 persen yang sudah dapat suntikan dosis kedua.

Untuk di seluruh Pulau Lombok, pemerintah menargetkan 70 persen penduduknya sudah vaksinasi dosis pertama.

Sekarang, asesmen di Provinsi NTB sudah Level 1 PPKM. Dari total lima kabupaten/kota di Pulau Lombok, ada tiga kabupaten/kota yang berstatus Level 2, dan dua kabupaten di Level 1 PPKM.

Sekadar informasi, selain jadi lokasi balap motor WSBK, Sirkuit Mandalika juga akan lebih dulu menggelar Asia Talent Cup (12-15 November 2021), dan persiapan Moto GP tahun 2022.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Rabu, 27 Oktober 2021
28o
Kurs