Selasa, 25 Juni 2024

Presiden Perintahkan Jajarannya Mempersiapkan FIBA Asia Cup 2021

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zainudin Amali Menpora (kemeja batik) memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Rabu (2/6/2021), memimpin rapat kabinet terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, membahas persiapan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021.

Tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah ajang olahraga bola basket berskala internasional tersebut.

Dalam rapat, Presiden meminta jajarannya untuk melakukan persiapan sebaik-baiknya dalam waktu yang relatif singkat. Karena, kejuaraan dunia itu akan berlangsung di Jakarta, 17-29 Agustus 2021 mendatang.

Sesudah rapat, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan, mulai dari sarana dan prasarana, serta penerapan protokol kesehatan ketat untuk mencegah Covid-19.

“Presiden memberikan arahan kepada kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya karena waktunya sudah sangat mepet. Jadi itu yang kaitan dengan FIBA Asia Cup, kejuaraan basket yang akan kita laksanakan bulan Agustus,” ujar Menpora.

Sekadar informasi, FIBA Asia Cup 2021 akan diikuti sejumlah tim basket dari negara kawasan Asia Pasifik.

Event itu merupakan ajang kualifikasi bagi Timnas Bola Basket Indonesia dan negara peserta, untuk bisa berlaga di pentas Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup 2023.

Timnas Basket Indonesia harus berjuang keras meraih kemenangan di babak kualifikasi, kalau tidak mau cuma jadi penonton.

Walau pun Indonesia sudah dipastikan menjadi salah satu dari tiga tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina, Timnas Indonesia tidak otomatis jadi peserta.

Supaya bisa berlaga di Piala Dunia Bola Basket, Tim Garuda wajib mengikuti FIBA Asia 2021, untuk membuktikan sudah kompetitif di turnamen basket tingkat dunia seperti Jepang dan Filipina.

Dari total 16 tim negara peserta FIBA Asia Cup 2021, nantinya cuma delapan tim terbaik yang bisa mengikuti FIBA World Cup 2023.

Menpora optimistis, Timnas Basket Indonesia bisa meraih kemenangan demi kemenangan dan masuk posisi delapan besar.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs