Jumat, 19 April 2024

Tabrakan Beruntun di Lap Pertama Hentikan Sementara GP Hungaria

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Marshal mengevakuasi mobil Ferrari Charles Leclerc menyusul kecelakaan beruntun di lap pembuka Grand Prix Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu (1/8/2021). Foto: Antara

Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Minggu (1/8/2021), terpaksa dihentikan sementara setelah terjadinya kecelakaan beruntun di lap pertama.

Lewis Hamilton start dari pole position. Valtteri Bottas rekan satu timnya mencoba mengerem di trek yang basah tetapi tak cukup jarak hingga menabrak mobil Lando Norris.

Tabrakan itu menyebabkan efek domino di Tikungan pertama lap pembuka.

Pebalap Aston Martin Lance Stroll juga tak bisa menghindari mobil Ferrari Charles Leclerc di tikungan itu sehingga terlibat senggolan.

Kekacauan di lap pembuka itu menyebabkan Bottas, Stroll, Sergio Perez, dan Leclerc gagal melanjutkan lomba.

Norris, yang selalu mencetak poin musim ini juga terpaksa menyudahi balapan setelah mobilnya terparkir di garasi McLaren dengan kerusakan cukup parah.

Pemuncak klasemen sementara Max Verstappen juga menjadi korban tabrakan dan mengalami kerusakan cukup parah di mobil RB16B-nya.

Itu terjadi setelah mobilnya tertabrak mobil Norris yang disundul Bottas. Demikian laman resmi Formula 1 dikutip Antara.

Lomba ditunda untuk kurang lebih 15 menit di saat ofisial memastikan keamanan trek dan para pebalap memperbaiki kerusakan mobil mereka.

F1 menuju ke Hungaroring untuk menggelar balapan terakhir di paruh pertama musim sebelum jeda musim panas.

Dijuluki sirkuit Monako tanpa pagar pembatas, Hungaroring merupakan trek yang sempit, berliku, dan menyulitkan pebalap melakukan overtaking.

Melihat hasil positif di Monako, Red Bull dan Ferrari optimistis meraih hasil positif, sedangkan Mercedes mengantisipasi kecepatan rival-rivalnya.

Lewis Hamilton punya rekor delapan kemenangan di Hungaroring, paling banyak di antara siapapun.

Kini juara dunia tujuh kali itu memangkas defisit 33 poin dari Max Verstappen menjadi delapan poin berkat kemenangan kontroversial di GP Inggris setelah keduanya terlibat tabrakan.

Steward balapan pada Kamis telah menolak petisi Red Bull untuk meninjau ulang insiden tabrakan di Silverstone itu karena tim bermarkas di Milton Keynes itu dianggap tidak menyajikan bukti-bukti baru.

Verstappen di Hungaria menggunakan kembali power unit yang dipakai saat mengalami kecelakaan di Silverstone setelah Honda memberi lampu hijau, menyatakan kelayakan mesin itu digunakan di sepanjang akhir pekan di Hungaroring.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs