Rabu, 17 April 2024

Unesa Akan Dirikan Lab Anti-Doping

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Nurhasan Rektor Unesa, Zainudin Amali Menpora dan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim saat sosialisasi Perpres DBON di Surabaya, Jumat (19/11/2021). Foto: Humas Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali dipercaya menjadi tuan rumah dalam sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (Perpres DBON), yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Pemerintah saat ini tengah mensosialisasikan DBON di 10 provinsi yang menjadi sentra olahraga nasional, salah satunya Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, sebagai tuan rumah, Nurhasan, Rektor Unesa menyatakan, Unesa selalu berkomitmen dan siap menjadi mitra dalam mendukung dan menyukseskan baik sosialisasi maupun implementasi DBON tersebut.

Bentuk dukungan itu, di antaranya dalam bentuk sumber daya manusia berupa pelatih maupun pakar-pakar terbaik yang dimiliki UNESA.

Pelatih UNESA banyak berkontribusi dalam membawa para atletnya mengantongi emas di berbagai ajang olahraga nasional, regional, bahkan skala internasional.

Dilanjutkan Cak Hasan, pihaknya dan Menpora sudah membicarakan terkait pembangunan Laboratorium Anti Doping di UNESA.

Sehingga nanti, tidak lagi ada persoalan doping terhadap para atlet tanah air yang berlaga di level internasional.

“Gedungnya kami sudah punya, dan isinya nanti akan diisi oleh Pak Menpora,” ujar Nurhasan di Hotel Double Tree Hilton, Surabaya pada Jumat (19/11/2021) yang dihadiri Zainudin Amali Menpora dan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim.

“Intinya UNESA selalu mendukung dan siapkapan pun untuk meningkatkan kualitas dan prestasi olahraga Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa, menerangkan bahwa Jawa Timur tengah melakukan identifikasi cabor-cabor olimpiade guna melakukan penguatan untuk para atlet dan pelatih.

Salah satu cabor unggulan Jatim adalah panahan yang selama sepuluh kali penyelenggaraan PON selalu menjadi juara umum. Itu merupakan potensi yang luar biasa yang nantinya bahkan bisa menjadi cabor unggulan Indonesia di ajang olahraga internasional.(dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs