Rabu, 24 April 2024

Verstappen Kecelakaan, Hamilton Kena Penalti 10 Detik di GP Inggris

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Lewis Hamilton dari Mercedes dan Max Verstappen (kanan) dari Red Bull selama balapan di Sirkuit Silverstone, Silverstone, Formula Satu F1, Grand Prix Inggris. Foto: Antara

Lewis Hamilton Juara Dunia tujuh kali diganjar penalti 10 detik karena sebabkan kecelakaan yang dialami Max Verstappen di lap pembuka Grand Prix Inggris, Sirkuit Silverstone, Minggu (18/7/2021).

Verstappen, Sang Pemuncak Klasemen sementara yang mengawali lomba dari pole berkat kemenangan di Sprint Race, harus mengakhiri perjuangan di GP Inggris lebih dini karena bersenggolan dengan mobil Mercedes Hamilton di lap pembuka.

Mobil Red Bull Sang Pebalap Belanda kehilangan kendali setelah ban kanan belakangnya bersenggolan dengan ban depan Hamilton sehingga meluncur dengan kecepatan tinggi ke pagar pembatas tikungan Copse.

Verstappen keluar dari mobil yang sasisnya rusak parah dan harus menjalani cek medis meski kemungkinan lolos dari cedera serius. Sementara Hamilton meneruskan balapan dengan mobil yang rusak sebelum masuk ke pit.

Balapan harus dihentikan sementara sebelum restart setelah trek dibersihkan dan dinyatakan aman.

“Saya unggul ketika melaju di sana… itu jalur saya,” kata Hamilton lewat radio, dikutip Antara.

Akan tetapi Red Bull tak sepakat dengan pendapat Hamilton, kemudian meminta Michael Masi Race Director menyelidiki insiden tersebut dengan benar.

“Itu kecelakaan yang sangat besar dan 100 persen tikungan itu milik Max. Sejauh yang saya ketahui kesalahan penuh ada pada Hamilton, yang seharusnya tidak pernah berada di posisi itu,” kata Horner dikutip Reuters.

Hamilton memegang rekor impresif di kampung halamannya dengan tujuh kemenangan di Silverstone. Sementara Red Bull belum terkalahkan di lima balapan terakhir secara beruntun musim ini.

Sebelum mengakhiri balapan, Verstappen memiliki keunggulan 33 poin atas Hamilton di klasemen pebalap setelah memenangi sprint race pada Sabtu.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs