Rabu, 1 Februari 2023

450 Atlet Ikuti Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 di Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pemain wushu yang sedang bertanding dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Presiden 2022 yang bertempat di Graha Unesa Surabaya, pada Selasa (20/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 450 atlet wushu dari 21 Provinsi di Indonesia mengikuti pertandingan wushu dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Piala Presiden 2022.

Event olahraga nasional itu, diadakan di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang berlokasi di Lidah Wetan Surabaya, dari tanggal 18 hingga 22 September 2022.

Doan Widhiandono Ketua Pelaksana Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022, mengatakan bahwa event olahraga yang diikuti oleh atlet wushu seluruh Indonesia itu diadakan oleh Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) yang menunjuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur sebagai tuan rumah.

“Acara ini kejurnas, sehingga pesertanya adalah kontingen-kontingen yang ada di provinsi seluruh Indonesia,” ucapnya kepada suarasurabaya.net pada Selasa (20/9/2022).

Ia mengatakan, pertandingan wushu ini ada tiga nomor atlet yang turun. Yakni, yang menguasai jurus tangan kosong, dengan senjata pendek, dan juga dengan senjata panjang.

Ia juga menambahkan, bahwa sebelum kejurnas ini dilaksanakan, ada sesi coba lapangan. Menurutnya, karena atlet harus terlebih dahulu mengetahui arena tanding sebelum mamasuki laga resmi.

“Sebelumnya ada coba lapangan, karena atlet harus mencoba keempukan karpet, kelebaran karpet, dan kondisi arena bertanding,” tukasnya.

Lanjutnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah kejuaraan wushu tingkat dunia, yakni pada bulan Desember mendatang yang berlokasi di Jakarta.

Oleh karena itu, ia menyampaikan bahwa atlet-atlet yang meraih prestasi dalam Kejurnas yang diadakan di Surabaya ini, akan kembali diseleksi untuk mengikuti event Internasional itu.

Ia berharap, adanya acara ini dapat memunculkan bibit-bibit muda yang dikemudian hari bisa menyumbangkan medali emas bagi Indonesia di tingkat dunia.

“Harapannya, mereka bisa mengharumkan nama bangsa di ajang Internasional melalui wushu,” harapnya.

Dalam Kejurnas Wushu Piala Presiden ini, pertandingan dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.(ris/des/ipg)

Berita Terkait