Minggu, 28 April 2024

Bertemu Presiden FIFA, Jokowi Tegaskan Tragedi Kanjuruhan Tidak Boleh Terulang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menerima kunjungan Gianni Infantino Presiden FIFA, Selasa (18/10/2022), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Selasa (18/10/2022), menerima kunjungan Gianni Infantino Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) beserta delegasinya, di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pada pertemuan tertutup sekitar satu setengah jam, Jokowi dan Infantino membahas sejumlah hal penting pascatragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, awal Oktober 2022.

Dalam keterangan pers usai pertemuan, Jokowi mengatakan jangan sampai tragedi yang memilukan seperti di Kanjuruhan terulang lagi.

“Kami berdiskusi secara detail, dan dalam pertemuan itu Presiden FIFA mengungkapkan rasa duka dan simpati mendalam kepada keluarga korban dan menyampaikan kepeduliannya atas tragedi yang terjadi. Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepak bola. Dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali, jangan sampai kegembiraan penonton pertandingan sepak bola berujung pada duka dan malapetaka,” ujarnya.

Untuk itu, Pemerintah Indonesia dan FIFA, lanjut Kepala Negara, sepakat melakukan transformasi persepakbolaan Indonesia secara menyeluruh.

Kemudian, Pemerintah Indonesia dan FIFA juga akan mengkaji kelayakan seluruh stadion di Tanah Air yang dipakai untuk pertandingan sepak bola.

“Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh, memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA, baik pemain maupun penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya. Untuk itu kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,” papar Jokowi.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia bersama FIFA menjamin penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia berjalan lancar.

Poin kesepakatan berikutnya, Pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat bersama-sama mengkaji ulang pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia.

Sekadar informasi, kunjungan Presiden FIFA itu merupakan tindak lanjut dari komunikasi dengan Jokowi Presiden, pascatragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 132 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Sebelumnya, Kamis (13/10/2022), FIFA dan PSSI sepakat membentuk Satuan Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia.

Satgas tersebut juga melibatkan delegasi assosiasi sepak bola Asia (AFC), serta perwakilan kementerian terkait.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs