Kamis, 25 April 2024

Delapan Tim Basket 3×3 Jatim Akan Bertanding di Grand Final Turnamen Antarprovinsi

Laporan oleh Budi Leksono
Bagikan
Gelaran Province Finals Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 di Jawa Timur, Minggu (30/10/2022). Foto: Istimewa

Seluruh rangkaian gelaran Province Finals Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 di Jawa Timur (Jatim) akhirnya selesai dilaksanakan, dengan delapan tim dari masing-masing kategori dipastikan lolos grand final. Delapan tim yang dipastikan lolos pada Minggu (30/10/2022) itu, terdiri dari U-18 dan U-23 baik putra maupun putri.

Delapan finalis itu, yakni SMA 2 Mojokerto dan SMAN 1 Grati dari U-18 Putri, lalu SMAK Santa Agnes A dan SMA Kolese Santo Yusup E dari U-18 putra. Kemudian Loops dan Kenanga Jaya A wakil dari kategori U-23 putra. Terakhir, ada Mawar dan Ciputra dari kategori U-23 putri.

“Kami lolos ke grand finale. Kami sangat senang dengan capaian ini. Kami akan manfaatkan waktu sebulan menuju grand finale untuk persiapkan diri lebih baik. Melakukan pembenahan mulai dari fisik, taktik hingga kebersamaan agar lebih kompak karena kami ingin juara,” jelas Aisatul Badriyatus Solicha, pemain SMAN 1 Grati didampingi rekan-rekan setimya dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net.

Dengan lolosnya delapan tim Jatim itu, peserta grand finale yang akan berlangsung pada 26-27 November 2022 mendatang di Jakarta sudah genap 32 tim. Hal tersebut dipastikan, setelah tiga pelaksanaan Province Finals sebelumnya, yaitu di Jakarta, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta juga masing-masing mengirimkan delapan tim ke grand finale.

“Semua peserta yang bertanding memiliki kualitas tinggi. Peserta juga perlihatkan fairplay. Tidak ada gesekan ataupun perkelahian. Semua tim main sportif dan kualitas permainan tinggi meski secara level kompetisi semua peserta kekuatannya merata,” ungkap Chaerul Anwar Azis selaku Tournament Project Director.

Dengan kualitas yang ditunjukkan para peserta, Chaerul yakin pelaksanaan tahap berikutnya yaitu grand finale bakal berlangsung seru. Melihat antusiasme peserta, Chaerul mempertimbangkan untuk membuat lebih banyak kota yang akan disinggahi untuk tahun depan.

Dia menyebut alternatif kota akan dipilih di luar Jawa. Untuk pastinya, akan diumumkan setelah rangkaian pelaksanaan turnamen tahun ini selesai.

“Kami ingin konsentrasi pada pengembangan di 3×3. Membantu Perbasi menyediakan bibit pemain untuk bisa dipakai di timnas. Jadi kita akan terus mengembangkan turnamen ini,” jelasnya.

Ganesha Areo salah satu peserta dari Universitas Brawijaya, mendukung jika pelaksanaan turnamen ini bisa digelar di beberapa kota lagi di seluruh Indonesia. Harapannya, semua pemain muda bisa merasakan persaingan di turnamen ini.

“Bahkan ini ada peserta dari Bali ikut di City Selection Malang. Jadi ke depan akan lebih bagus jika diadakan di lebih banyak kota lagi. Apalagi selama pelaksanaan, turnamen ini berjalan bagus. Semua peserta bersaing menunjukkan kualitas bagus,” ujar Ganesha.

Sebagai informasi, Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament terselenggara atas kerja sama PT Supersport Sensation (SSS) International bersama Bank Mandiri dan PP PERBASI. Pertandingan pertama ajang ini digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro pada 19 Februari 2022.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung lancarnya pelaksanaan Province Finals di Jawa Timur. Baik itu dari Perbasi Pusat, Perbasi Daerah, maupun para sponsor. Ini membuat kami lebih semangat lagi membantu menyediakan pemain berkualitas untuk Timnas ke depan khususnya kategori Basket 3×3,” ujar Azwan Karim, Direktur SSS International. (bud/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs