Jumat, 26 April 2024

DPRD Surabaya Pertanyakan Kualitas Rumput GBT Belum Standar FIFA

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sejumlah petugas mengupas rumput yang lama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya untuk diganti dengan rumput yang baru sesuai standar FIFA menjelang Piala Dunia U-20. Foto: Diskominfo Surabaya

DPRD Kota Surabaya mempertanyakan kualitas rumput di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), yang dinilai oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) belum memiliki kualitas standar sepakbola jelang Piala Dunia U-20.

Agung Prasodjo Sekretaris Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya, Senin (26/9/2022) mengatakan, pada saat itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah untuk persiapan Piala Dunia U-20 pada 2023.

“Bukankah pembangunannya (GBT) untuk memenuhi standar FIFA? Lalu kenapa saat ini kualitasnya masih dianggap belum memenuhi standar FIFA?,” kata Agung dikutip Antara.

Menurut dia, kontraktor pelaksana pembangunan Stadion GBT harus bertanggung jawab atas penialian FIFA tersebut, termasuk rumput Stadion Gelora 10 Nopember (GN10) yang juga dinilai jauh dari standar Federasi Sepak Bola Dunia itu. Legislator Partai Golkar ini mengatakan, hal itu perlu ditekankan lagi agar penyelenggaraan Piala Dunia di Surabaya pada 2023 bisa maksimal.

“Saya berharap Pemkot bisa melakukan pembangunan kembali sekitar area lapangan latihan A hingga C, sehingga ofisial tidak sibuk memungut bola di selokan samping lapangan latihan,” kata Agung.

Selain itu, kata dia, pihaknya meminta Pemkot Surabaya untuk melakukan audit ulang pekerjaan kontraktor pelaksana GBT, GN10 dan lapangan THOR, menyusul informasi rumput di stadion tersebut jauh dari standar FIFA

Terakhir, lanjut dia, agar tidak menghambur-hamburkan uang lagi, pihaknya berharap upaya perbaikan stadion mendatang harus mendapatkan pendampingan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Federasi Sepakbola Asia (AFC). “Semua itu agar bisa memenuhi kualifikasi yang diharapkan oleh FIFA,” kata dia.

Penilaian rumput di Stadion GBT yang tidak sesuai standar FIFA itu sebelumnya disampaikan oleh Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya, setelah pihaknya bersama Amir Burhanuddin Wakil Ketua Asprov PSSI Jatim, mendampingi perwakilan FIFA melakukan inspeksi kedua di stadion tersebut, Sabtu (24/9/2022).

Pada inspeksi FIFA kedua ini, kata dia, FIFA melakukan pengecekan fasilitas termasuk rumput yang ada di Stadion GBT. Hasilnya FIFA meminta agar kualitas rumput di stadion disesuaikan agar berstandar sepak bola menjelang Piala Dunia U-20 pada 2023.

“Kami harus mengoptimalkan kembali perawatannya supaya rumput memiliki kualitas yang standar untuk sepak bola,” kata Wiwiek Widayati. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs